Kemampuan Representasi Matematis Melalui Pembelajaran Problem Solving Siswa SMAN 1 Puncu Kelas XI Pokok Bahasan Turunan Fungsi


Author (Penulis)

SARI SAKTI SETYO RAHAYU
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.05.0116

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya kemampuan representasi matematis siswa SMA. Kemampuan representasi matematis tersebut masih banyak yang tergolong rendah. Hal ini dikarenakan kegiatan belajar mengajar masih cenderung menggunakan pembelajaran konvensional. Oleh karena itu  mengakibatkan kemampuan representasi matematis siswa yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kemampuan representasi matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran problem solving, (2) Untuk mengetahui kemampuan representasi matematis siswa yang diajar tanpa  pembelajaran problem solving, (3) Untuk mengetahui adanya perbedaan kemampuan representasi matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran problem solving dengan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi-Eksperimental dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Variabel bebas pada penelitian ini adalah pembelajaran problem solving, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan representasi matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA N 1 Puncu Tahun 2017/2018. Sampel penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data yang digunakan antara lain silabus, RPP, LKK, lembar observasi guru, lembar observasi siswa, lembar respon siswa, soal pre-tes dan soal pos-tes. Di dalam uji normalitas sampel berdistribusi normal sedangkan pada uji homogenitas sampel homogen, maka teknik analisis yang digunakan adalah One Sample T-Tes pada data pos-tes dan Independent Samples T-Tes. Hasil penelitian ini adalah (1) kemampuan representasi matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran problem solving tergolong sedang. (2) kemampuan representasi matematis siswa yang diajar tanpa pembelajaran problem solving tergolong rendah. (3) ada perbedaan kemampuan representasi matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran problem solving dengan pembelajaran konvensional secara signifikan.

 

KATA KUNCI  : Pembelajaran Problem Solving, Kemampuan Representasi Matematis


Keyword

a

Reference

Aqib, Zl dan Ali Murtadlo. 2016. Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif & Inovatif. Bandung : Satunusa

Ashari, A. 2017. Kemampuan Representasi Matematis Melalui Pembelajaran Kontekstual Siswa SMA Pawyatan Daha Kediri Kelas X Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri, (Online), tersedia : simki.unpkediri.ac.id, diunduh Mei 2017.

Ashari, A. 2017. Kemampuan Representasi Matematis Melalui Pembelajaran Kontekstual Siswa SMA Pawyatan Daha Kediri Kelas X Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Nusantara PGRI Kediri.

National Council of Teachers of Mathematics. 2000. Pronciples and Standards for teaching School Mathematics. Reston, VA:NCTM.

Santia, Ika. dkk. 2017. Modul Pelatihan SPSS Aplikasi SPSS (Statistical Product and Service Solutions) Dalam Pengolahan Data Statistika Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika UN PGRI Kediri. Kediri : UN PGRI Kediri

Sugiyono. 2016.  Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.


PUBLISHED

2018-08-20

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 08 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI