UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN RME (REALITIC MATHEMATICS EDUCATION) KELAS X SMK PGRI 3 KEDIRI PADA MATERI TRIGONOMETRI


Author (Penulis)

NURIANTI KAMLASI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.05.0112

Abstract

ABSTRAK

 

Pemahaman konsep adalah kemampuan siswa yang berupa penguasaan sejumlah materi pelajaran, dimana siswa tidak sekedar mengetahui atau mengingat sejumlah konsep yang dipelajari, salah satu adalah trigonometri perbandingan sudut pada segitiga siku-siku. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep siswa pada materi perbandingan pada segitiga siku-siku yang menggunakan pembelajaran langsung dan RME (Realistic Mathematics Education). Ditinjau dari permasalahan  penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain penelitian control group pretest posttest. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK PGRI 3 Kediri yang berjumlah 68 siswa .Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan simple random sampling. Peneliti melakukan uji validtias menggunakan rumus korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan alat ukur nilai cronbach’s alpha > 0,70 untuk instrument yang digunakan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan paired sample t test . Peneliti melakukan uji normalitas data sampel menggunakan uji kolmogrov- smirnov , uji homogenitas menggunakan one way anova. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji one sample t test. Hasil uji hipotesis dalam penelitian ini didapatkan nilai signifikasi 0,000 < 0,05, sehingga ada perbedaan pemahaman konsep siswa pada materi perbandingan pada segitiga siku-siku yang menggunakan pembelajaran langsung dan RME (Realistic Mathematics Education). Dengan demikian dapat disimpulakan bahawa terdapat perbedaan pemahaman konsep siswa menggunakan model pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education) dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung.

 

 

KATA KUNCI  : Trigonometri, Pembelajaran RME, Pemahaman Konsep.


Keyword

PEMAHAMAN KONSEP, TRIGONOMETRI

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Depdiknas.(2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia Eisi Ketiga. Jakarta ; Balai Pustaka

Hudojo, Herman. 1998. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Kilpatrick, & Findell, B. (Eds). (2001). Adding it Up: Helping Children Learn Mathematics. Washington, DC: National Academy Press.

Fadhila El Husna. (2014) Penerapan Strategi REACT dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMAN 1 Batang Anai. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 26-30.

Seodjadi. (1988). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Depdiknas. Jakarta.

Depdiknas. (2004). Peraturan Tentang Penilaian  Perkembangan  Anak Didik SMP No. 506/C/Kep/PP/2004 tanggal 11 November 2004. Ditjen Dikdasmen Depdiknas. Jakarta.

 


PUBLISHED

2020-02-21

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 06 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade