Pembelajaran berbasis budaya membawa budaya lokal yang selama ini tidak selalu mendapat tempat dalam kurikulum sekolah, termasuk pada proses pembelajaran beragam mata pelajaran di sekolah. Salah satu wujud pembelajaran berbasis budaya adalah etnomatematika. Budaya permainan tradisional seperti permainan hompimpa sendiri, tanpa sadar telah menerapkan konsep matematika di dalamnya, khususnya terhadap materi peluang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah banyak anak – anak / masyarakat yang tidak menyadari konsep matematika dalam permainan hompimpa sehingga muncul pertanyaan penelitian yaitu : bagaimana deskripsi etnomatematika melalui pendekatan permainan hompimpa dengan model kooperatif pada materi peluang. Subjek penelitian adalah siswa SMP kelas IX-H SMP Pawyatan Daha 1 Kota Kediri. Penelitian ini dilaksanakan selama 1 pertemuan pembelajaran dan 1 kali wawancara dengan menggunakan perangkat pembelajaran lengkap , lembar soal tes evaluasi materi peluang, pedoman wawancara, dan lembar observasi. Hasil penelitian ini adalah subjek – subjek penelitian memenuhi indikator etnomatematika yaitu : (1) Membilang banyak ruang sampel, (2)Mengukur pemenang dalam permainan hompimpa, (3)Menentukan lokasi nilai matematis pada permainan hompimpa, (4)Membuat Rancang Bangun cara menemukan peluang yang kalah dan menang dalam permainan hompimpa, (5) Permainan yang diambil dari subjek kategori rendah, sedang dan tinggi berdasarkan data tes etnomatematika. Berdasarkan hasil penelitian disarankan penggunaan etnomatematika dapat diterapkan pada pembelajaran matematika karena siswa dapat menghargai dan menemukan nilai – nilai matematis dalam budaya permainan yang mereka mainkan sehari-hari.
KATA KUNCI : Etnomatematika, Permainan Hompimpa, Materi Peluang
D’Ambrossio, U. 2001. Ethnomatematics: Link between Traditions and Modernity. Sao Paulo. Brazil : Sense Publisher
Indriani, Popi. 2016. Implementasi Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Dalam Pembelajaran Matematika Pada Jenjang Sekolah Dasar .Lampung: Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung. ISSN 0853-67 Volume 17 Nomor 1 Juli 2007, hal. 24
Pidarta, Made. 2007. Landasan Kependidikan : Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia (169).Jakarta : Rineka Cipta.
M.Nuh, Zulkifli dan Dardiri. (2016). Etnomatematika Dalam Sistem Pembilangan Pada Masyarakat Melayu Riau. (220). (Online). tersedia: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Kutubkhanah/article/view. diakses 10 Mei 2018
Mulyani, N.2016. Super Asik Permainan TradisionalAnak Indonesia. Yogyakarta: DIVA Press