Pengembangan Soal Matematika HOTS (High Order Thinking Skills) Kelas X Berdasarkan Krulik-Rudnick


Author (Penulis)

LESTARI PUJI RAHAYU
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.05.0104

Abstract

Rendahnya perolehan skor Indonesia pada OECD PISA 2015 yang menunjukkan bahwa tingkat literasi dasar terutama bidang matematika ada masalah dalam praktek pembelajaran. Siswa terbiasa dengan soal-soal rutin seperti LOTS (Lower Order Thinking Skill). Berdasarkan hal tersebut, upaya untuk yang diperlukan adalah pengembangan soal matematika HOTS berdasarkan keterampilan berpikir tingkat tinggi menurut Krulik-Rudnick. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk menghasilkan soal matematika HOTS (Higher Order Thinking Skills) Kelas X berdasarkan Krulik-Rudnick yang valid dan reliabel; dan (2) untuk mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa siswa kelas X Krulik-Rudnick dilihat dari hasil uji coba siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model Tessmer. Model pengembangan ini terdiri dari 2 tahap yaitu (1) tahap preliminary dan (2) formative evaluation. Uji coba instrumen dilakukan di kelas X MIPA E SMA Negeri 1 Kediri. Instrumen pengumpulan data antara lain kisi-kisi soal, lembar soal matematika HOTS  kelas X berdasarkan Krulik-Rudnick, lembar validasi, dan angket keterbacaan soal. Teknik analisis data menggunakan analisis butir soal yang terdiri dari validitas, reliabilitas, taraf kesukaran dan daya pembeda.  Hasil penelitian ini 11 butir soal yang vailid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan soal yang dikembangkan valid berdasarkan perhitungan menggunakan rumus percentage of agreement, semua butir soal memiliki persentase lebih dari 75%. Di samping itu, penelitian ini menghasilkan soal yang reliabel dengan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,921. Hasil uji coba soal dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) matematika siswa kelas X baik yaitu dengan skor rata-rata 42,056.


Keyword

a

Reference

Arifin, Z., & Retnawati, H. 2017. Pengembangan Instrumen Pengukur Higher Order Thinking Skills (HOTS) Matematika Siswa Kelas X. Pythagoras Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 98-108. doi:http://dx.doi.org/10.2183/pg.v12il.14058.

 

Arifin, Zaenal. 2010. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

 

Arikunto, S. 2016. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

 

Krulik, S. dan Rudnick, J,A. 1999. Innovative Task to Improve Critcal and Creative Thinking Skills.In Stiff, Lee V.And Curcio, Frances R (Eds) from Developing Mathematical Reasoning in Grades K-12 (pp. 138-142). Riston, Virginia: The National Council of Teacher of Mathematics, Inc.

 

 

100

 

Lewy, Zulkardi, & Aisyah, Nyimas. 2009. Pengembangan Soal Untuk Mengukur Kemampuan  Berpikir Tingkat Tinggi Pokok Bahasan Barisan Dan Deret Bilangan Di Kelas IX Akselerasi SMP Xaverius Maria Palembang, Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2): 14-28.http://scholar.google.com/citation.

 

 

Muhtadi. 2015. Berpikir Kreatif. Dalam Variasi Konstruk Dalam Pembelajaran Matematika oleh Rahman As’ari dan Bambang Irawan. Malang: CV/ Bintang Sejahtera.

 

OECD. 2016. PISA 2015 Result in Focus. (online). Tersedia :http://www.oecd.org/pisa. Diakses pada tanggal 7 Juli 2017..

 

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pengembangan (Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

 

Tessmer, Martin. 1993. Planning and Conducting-Formative Evaluations. London, Philadelphia: Kogan Page.


PUBLISHED

2018-08-14

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 09 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI