PROFIL PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS XI SMAN 1 TANJUNGANOM MATERI BARISAN BERDASARKAN GAYA KOGNITIF TAHUN AJARAN 2017/ 2018


Author (Penulis)

MEGA YULIANITA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.05.0100

Abstract

ABSTRAK

            Pendidikan disekolah bertujuan agar siswa memiliki daya nalar yang baik dalam menyelesaikan masalah. Matematika dipahami melalui penalaran dan penalaran dilatih melalui belajar matematika. Agar siswa memiliki daya nalar yang baik maka aspek yang perlu diperhatikan salah satunya karakteristik dalam menerima, memproses, dan mengorganisasikan informasi untuk mencapai solusi atau disebut dengan gaya kognitif, setiap siswa memiliki gaya kognitif berbeda dari segi psikologisnya. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil penalaran matematis siswa SMAN 1 Tanjunganom materi barisan berdasarkan gaya kognitif field dependent dan field independent. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan 2 subjek penelitian yaitu siswa field dependent tinggi dan field independent tinggi yang diperoleh dari Group Embbeded Figure Test dan tes penalaran matematis. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini subjek field dependent mengidentifikasi masalah dengan menyebutkan informasi yang diketahui dalam simbol matematika dan kalimat sendiri menyebutkan hal yang ditanyakan secara tidak lengkap dan tidak sesuai pertanyaan, tidak dapat memanipulasi semua informasi yang diketahui kedalam simbol matematika, menghubungkan elemen yang diketahui untuk memperoleh informasi pendukung, menerapkan konsep sesuai hubungan dan informasi yang akan dicari, tidak dapat menemukan semua pola pada permasalahan untuk mengajukan dugaan, tidak menguji dugaan sesuai rumus yang diajukan apabila informasi yang diperoleh tidak sesuai dengan yang dibutuhkan, menyebutkan langkah penyelesaian yang digunakan dan keruntutannya, tidak menuliskan kesimpulan tetapi dapat menyebutkannya sesuai pertanyaan. Subjek field independent mengidentifikasi masalah dengan menyebutkan semua informasi yang diketahui dan ditanyakan dengan kalimat sendiri dan simbol matematika, tidak dapat memanipulasi semua informasi kedalam simbol matematika yang sesuai, menghubungkan simbol-simbol untuk memperoleh informasi pendukung maupun solusi permasalahan, tidak dapat menerapkan konsep apabila tidak dapat memanipulasi informasi kedalam simbol matematika, menemukan semua pola pada permasalahan dan mengajukan rumus yang sesuai, menguji dugaan sesuai rumus yang diajukan, menyebutkan langkah penyelesaian dan keruntutannya, menuliskan dan menyebutkan kesimpulan sesuai pertanyaan.

 

 

Kata Kunci  : Penalaran Matematis Gaya Kognitif


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Handiningtyas, Wahyu. 2016. Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi Aritmetika Sosial dan Perbandingan ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa SMP Negeri 15 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Tesis. Tidak dipulikasika. Surakarta: UNS.

Mayfana, Sherly. 2016.  Penalaran Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah Aljabar ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent-Field Independent. Tesis. Tidak dipublikasikan. Surakarta: UNS.

Santia, Ika. 2015. Representasi siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Nilai Optimum berdasarkan Gaya Kognitif Field Independent dan field dependent. Jurnal Math Educator Nusantara, 1(1). ISSN: 2580-9210. http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/125.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suriasumantri, Jujun. 2008. Filsafat Ilmu. Jakarta: Pustaka sinar harapan.

Puspananda, Dian dan Suriyah. 2017. Efektivitas Pembelajaran Laboratorium dengan Involving Students In Self-And Peer Evaluation Ditinjau dari Gaya Kognitif Pada Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN), 3(2). ISSN: 2459-9735. http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika.


PUBLISHED

2018-08-20

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 05 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI