PROSES REPRESENTASI SPASIAL SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH GEOMETRI DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIK


Author (Penulis)

YUNISKA NUR KUSUMASTUTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.05.0098

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Pelajaran matematika bertujuan agar siswa memiliki kemampuan memahami konsep matematika, menggunakan penalaran, memecahkan masalah, mengkomunikasikan gagasan atau ide, memiliki sikap menghargai kegunaan matematika di kehidupan. Sehingga mempunyai kemampuan representasi sangat berguna dalam menyelesaikan masalah matematika. Representasi spasial merupakan proses penyusunan suatu ide didalam pikiran untuk menggambarkan, mewakili, melambangkan, menyajikan sesuatu dengan suatu cara, baik secara visual, verbal, atau kinestetik.

          Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses representasi spasial siswa SMP dalam memecahkan masalah geometri ditinjau dari kemampuan matematik tinggi, sedang, rendah.    Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 2 Gandisari sebanyak 22 siswa yang kemudian diambil 3 subjek berdasarkan nilai ulangan tengah semester dan pertimbangan guru. Dari ke-3 subjek tersebut diberi tes geometri dengan indikator representasi spasial. Selanjutnya subjek diwawancara guna memperdalam proses representasi spasial dalam memecahkan masalah geometri.

          Hasil analisis dapat disimpulkan bahwa siswa yang memiliki kemampuan tinggi dapat memenuhi semua indikator dan mampu mengerjakan soal dengan urut dan menjelaskan proses yang dilalui secara jelas. Siswa yang memiliki kemampuan sedang dapat memenuhi beberapa indikator, karena dalam menjelaskan proses yang dilalui kurang jelas dan cenderung ragu-ragu. Siswa yang memiliki kemampuan rendah mampu memenuhi dua indikator, ada beberapa soal yang ia belum mengerti maksud dari soal tersebut.

 

KATA KUNCI  : Proses Representasi Spasial, Geometri


Keyword

a

Reference

Depdiknas .2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas

Fattah dkk. 2013. Representasi Matematis Peserta Didik Menurut Pandangan Bruner Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Dan Jenis Kelamin. Didaktika, 24(2). (Online), tersedia: http://journal.umg.ac.id, diunduh 27 Oktober 2018

Fiantika, F R. 2017. Representation Elements of Spatial Thinking. Journal of Physics: Conference Series. (Online), 824 (1),  tersedia: http://iopscience.iop.org diunduh 22 Juli 2017

NCTM. 2000. Principles and Standart  for School Mathematics. www.standard.nctm.org, diunduh 20 Mei 2017

 

5

Triono A. 2017. Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Tanggerang Selatan. Skripsi. Online, tersedia: http://repository.uinjkt.ac.id, diunduh 27 Oktober 2018

 


PUBLISHED

2019-02-15

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 03 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI