Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Berbantuan Aurora 3D Presentation untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Sisi Datar Siswa SMP Kelas VIII


Author (Penulis)

MIFTAKHUL NIKMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.05.0097

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengalaman dan hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran matematika masih menggunakan model pembelajaran mekanistik yaitu pembelajaran yang menekankan pada menghafal konsep dan prosedur matematika guna menyelesaikan soal, guru menerangkan konsep dan operasi matematika, memberi contoh, mengerjakan soal, serta meminta siswa untuk mengerjakan soal yang sejenis dengan soal yang sudah diterangkan. Sehingga proses pemahaman konsep matematika hampir tidak ada, mengakibatkan kemampuan pemahaman konsep siswa rendah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran conceptual understanding procedures (CUPs) berbantuan aurora 3D presentation pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII? (2) Adakah peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa melalui model pembelajaran conceptual understanding procedures (CUPs) berbantuan aurora 3D presentation pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experimental dan desain penelitian one group pretest posttest design. Subyek pada penelitian ini adalah kelas VIII-E SMPN 3 Kota Kediri tahun ajaran 2017-2018. Data penelitian diambil melalui observasi, angket dan tes. Analisis data menggunakan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) observasi aktivitas guru pada pertemuan 1 dan 2 telah mencapai kategori baik, observasi aktivitas siswa pada pertemuan 1 dan 2 telah mencapai kategori aktif dan respon siswa terhadap aurora 3D presentation telah mencapai kategori baik (2) rata-rata nilai pretest sebesar 45,83 dan posttest sebesar 83,61. Berdasarkan perhitungan paired sample t-test dengan bantuan SPSS dengan taraf signifikansi 5%, diperoleh sig (2-tailed) < 5% yaitu 0,000 < 0,005. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, berarti bahwa ada peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa melalui model pembelajaran conceptual understanding procedures (CUPs) berbantuan aurora 3D presentation pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII.

 

 

KATA KUNCI  : pemahaman konsep, conceptual understanding procedures (CUPs), aurora 3D presentation.


Keyword

a

Reference

               DAFTAR PUSTAKA

Affidah A.M. 2017 Efektivitas Penerapan Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) untuk Melatih Kemampuan Koneksi Matematika Siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya (Online). Tersedia: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/15351. Diakses tanggal 19 Mei 2017

Dodi, Limas. 2015. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Ilmu

Gunstone, Dick, McKittrick, Brian, & Milhall, Pam. 2009. CUP-A Procedures for Developing Conceptual Understanding. Prosiding PEEL conference. Australia Monash University

Hakim, M. Lukman & Dalle, J. 2015. Aurora 3D  Presentation dalam Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Lengkung di Kelas IX SMPN 24 Banjarmasin. JPM IAIN Antasari Vol. 02 No. 2 Januari-Juni 2015, h. 103-122, (0nline). Tersedia: http://idr.iain-antasari.ac.id. Diakses tanggal 10 Juni 2017.

Purwanto, M. Ngalim. 2010. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2010. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sundayana, Rostina. 2013. Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.


PUBLISHED

2018-08-20

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 08 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI