PENGARUH MINAT BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR, DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X MIPA 2 MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 3 NGANJUK


Author (Penulis)

FEBRI RAHMAT BASUKI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.05.0089

Abstract

ABSTRAK

 

Febri Rahmat Basuki :Pengaruh Minat Belajar, Motivasi Belajar, Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X MIPA 2 Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Nganjuk, Skripsi, Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UN PGRI Kediri, 2018.

 

Kata Kunci : Minat, Motivasi, Kemandirian, Hasil Belajar.

 

       Penelitian ini di latarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pengaruh minat belajar, motivasi belajar, dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas x MIPA 2 di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Nganjuk.   

Permasalahan penelitian ini (1)  Bagaimana pengaruh Minat belajar matematika siswa kelas X MIPA 2 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Nganjuk ? (2)Bagaimana pengaruh Moivasi belajar matematika siswa kelas X MIPA 2 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Nganjuk? (3)Bagaimana pengaruh Kemandirian belajar matematika siswa kelas X MIPA 2 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Nganjuk? (4)Bagaimana Pengaruh Minat Belajar, Motivasi Belajar, Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X MIPA 2 Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Nganjuk?

       Penelitian ini menggunakan Pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh dengan jumlah responden 40 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi (R2), dan uji hipotesis.

       Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa : terdapat pengaruh  signifikan secara parsial antara Minat Belajar, Motivasi Belajar, Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar dan Pengaruh secara Simultan Minat Belajar, Motivasi Belajar, Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X MIPA 2 Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Nganjuk?.

 

KATA KUNCI: Minat, Motivasi,Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar


Keyword

a

Reference

A.M, Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

 

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

 

Hamzah B. Uno, M. 2010. Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksar

 

Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung:Alfabeta.

 

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta


PUBLISHED

2018-08-27

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 02 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI