Pengaruh Metode PBL Terhadap Hasil Belajar Siswa Ditinjau dari Mathematical Habits of Mind


Author (Penulis)

RIA DHOTUL JANAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.05.0085

Abstract

ABSTRAK

 

RIA DHOTUL JANAH: PENGARUH METODE PBL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DITINJAU DARI MATHEMATICAL HABITS OF MIND,Pendidikan Matematika, FKIP UN PGRI KEDIRI, 2019.

Mathematical Habit of Mind atau kebiasaan berpikir matematis didefinisikan sebagai cara khusus untuk pendekatan masalah matematika dan berpikir tentang konsep-konsep. Kebiasaan ini tentang mampu bertahan terhadap masalah yang ada, selalu berpikir untuk memecahkan masalah, mampu menggunakan berbagai cara pemecahan masalah untuk menyelesaikan masalah yang sama dan dapat berpikir secara fleksibel. Kemampuan pemecahan masalah tesebut melalui metode pembelajaran berbasis masalah atau metode pembelajaran PBL yang mempunyai pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa.

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh metode Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada katagori mathematical habit of mind yaitu bertahan (parsisting), metakognitif (thinking about thingking), menggunakan pengetahuan masa lalu di situasi baru (Appliying past knowledge to new situation), Berpikir Fleksibel (thingking flexibly). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 5 SMAN 1 Kandat. Hasil analisis data menunjukkan bahwa  pengaruh metode Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada katagori HOM “Metakognitif” (Thinking about thinking) paling tinggi dibandingkan dengan katagori HOM “Bertahan”, “menggunakan pengetahuan masa lalu di situasi yang baru”, “Berpikir Fleksibel”.  Dilihat  dari nilai mean  siswa pada katagori HOM “Metakognitif”  pada pretestt didapat 66,88 sedangkan pada posttest didapat 82,47.


Keyword

PBL, Habit of mind

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Ario, Marfi. 2015. Penalaran Matematisi Dan Mathematical Habits Of Mind Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Penemuan Terbimbing. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, Vol. 2 No. 1, Maret 2015 

Bidari, Imania. 2016. Pengaruh Habits of Mind terhadap Generalisasi Matematis Siswa. Skripsi (online). Jakarta. 

 

Budiman, Hedi dkk. 2017.  Implementasi Strategi Mathematical Habits Of Mind (MHM) Bantuan an Multimedia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal PRISMA Universitas Suryakancana Vol VI, No 1, Juni 2017

 

Costa, A. dan Kallick, B. 2012. Belajar dan Memimpin dengan ‘Kebiasaan Pikiran’ 16 Karaktertistik Penting untuk Sukses. Jakarta : Indeks.

 

Isfiani, Ilma Riksa. 2016. Profil Tingkatan Habits Of Mind Dan Kecemasan Kognitif Dalam Mata Pelajaran  Biologi Pada Siswa SMA. Jurnal Biodidaktika, Volume 11 No 2.

 

Milliyawati, Bety. 2014. Urgensi Strategi Disposition Habit Of Mind Matematis. Bandung: Stkip Siliwang. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika Stkip Siliwangi Bandung, Vol 3, No.2, September 2014.

 

Ratih, Sunardi. 2103. Identifikasi Faktor Penyebab Rendahnya Penguasaan Materi Dalam Ujian Nasional Matematika SMA Program IPA Tahun Ajaran 2009/2010  Di Kabupaten Banyuwangi. Pancaran, Vol. 2, No. 1, Hal 185-196, Februari 2013.


PUBLISHED

2019-02-14

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade