IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DITINJAU DARI KEBIASAAN BERFIKIR MATEMATIKA


Author (Penulis)

RIZQA NUR IZZATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.05.0084

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan yang dilakukan pada waktu praktek pengalaman lapangan dan pengalaman peneliti. Bahwa pembelajaran matematika di SMK masih perlu adanya perlakuan yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Permasalahan pada penelitian ini adalah : 1. Apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang memiliki kebiasan berfikir self regulation  dengan implementasi model pembelajaran learning cycle 7E? 2. Apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang memiliki kebiasan berfikir critical thinking  dengan implementasi model pembelajaran learning cycle 7E? 3. Apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang memiliki kebiasan berfikir creative thinking   dengan implementasi model pembelajaran learning cycle 7E? 4. Apakah terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa dengan implementasi model pembelajaran learning cycle 7E ditinjau dari kebiasaan berfikir matematis?

Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kota Kediri, dengan populasi sebanyak 699 siswa dan menggunakan 34 sampel siswa dengan menggunakan teknik penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitiannya adalah RPP, soal pre-test, soal post-test, angket. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan Paired  Sample Test dan analysis of variance.

Berdasarkan hasil pengujian hopitesis, 1. Diketahui bahwa diperoleh nilai Sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05 maka norma hipotesis yang pertama adalah benar. 2. Diketahui bahwa diperoleh nilai Sig.(2-tailed) 0,001 < 0,05 maka norma hipotesis yang kedua adalah benar. 3. Diketahui bahwa diperoleh nilai Sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05 maka norma hipotesis yang ketiga  adalah benar. 4. Diketahui bahwa diperoleh nilai Sig.0,213 > 0,05 maka norma hipotesis yang keempat adalah salah. Karena hipotesis yang keempat salah maka dilakukan uji lanjutan pos hoc, dan diperoleh bahwa rata-rata siswa yang memiliki kebiasaan berfikir self regulation yang paling tinggi dibandingkan siwa yang memiliki kebiasan critical thinking dan creative tinking.

Jadi model pembelajaran learning cycle 7E dapat digunakan karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa, melatih siswa mengingat materi yang sudh diajarkan, dan menjadikan siswa lebih aktif, serta menambah rasa keingintahuan siswa.

 

KATA KUNCI  : Model Pembelajaran Learning Cycle 7E, Kebiasaan Berfikir Matematika.


Keyword

Model Pembelajaran Learning Cycle 7E, Kebiasaan Berfikir Matematika

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2016. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Aziz, 2013. Penggunaan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Pada Pokok Bahasan Usaha dan Energi. Skripsi (online). Semarang: FMIPA UNNES.

Bidari, 2016. Pengaruh Habits of Mind Terhadap Kemampuan Generalisasi Matematis Siswa, Skripsi (online). Jakarta: FTK UIN Syarif Hidayatullah.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Taqwa, Musdalifa. 2017. Efektifitas Model Learning Cycle 7E (LC 7E) Berbasis Pendekatan Konstruktivisme. Journey of Islamic Education Management Vol. 2 No. 2

Qadarsih, 2017. Pengaruh Kebiasaan Pikiran (Habits Of Mind) Terhadap Penguasaan Konsep Matematika. Jurnal SAP Vol.2 No.2


PUBLISHED

2019-02-18

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 04 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade