ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan yang dilakukan pada waktu praktek pengalaman lapangan dan pengalaman peneliti. Bahwa pembelajaran matematika di SMK masih perlu adanya perlakuan yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Permasalahan pada penelitian ini adalah : 1. Apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang memiliki kebiasan berfikir self regulation dengan implementasi model pembelajaran learning cycle 7E? 2. Apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang memiliki kebiasan berfikir critical thinking dengan implementasi model pembelajaran learning cycle 7E? 3. Apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang memiliki kebiasan berfikir creative thinking dengan implementasi model pembelajaran learning cycle 7E? 4. Apakah terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa dengan implementasi model pembelajaran learning cycle 7E ditinjau dari kebiasaan berfikir matematis?
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kota Kediri, dengan populasi sebanyak 699 siswa dan menggunakan 34 sampel siswa dengan menggunakan teknik penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitiannya adalah RPP, soal pre-test, soal post-test, angket. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan Paired Sample Test dan analysis of variance.
Berdasarkan hasil pengujian hopitesis, 1. Diketahui bahwa diperoleh nilai Sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05 maka norma hipotesis yang pertama adalah benar. 2. Diketahui bahwa diperoleh nilai Sig.(2-tailed) 0,001 < 0,05 maka norma hipotesis yang kedua adalah benar. 3. Diketahui bahwa diperoleh nilai Sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05 maka norma hipotesis yang ketiga adalah benar. 4. Diketahui bahwa diperoleh nilai Sig.0,213 > 0,05 maka norma hipotesis yang keempat adalah salah. Karena hipotesis yang keempat salah maka dilakukan uji lanjutan pos hoc, dan diperoleh bahwa rata-rata siswa yang memiliki kebiasaan berfikir self regulation yang paling tinggi dibandingkan siwa yang memiliki kebiasan critical thinking dan creative tinking.
Jadi model pembelajaran learning cycle 7E dapat digunakan karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa, melatih siswa mengingat materi yang sudh diajarkan, dan menjadikan siswa lebih aktif, serta menambah rasa keingintahuan siswa.
KATA KUNCI : Model Pembelajaran Learning Cycle 7E, Kebiasaan Berfikir Matematika.
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 2016. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Aziz, 2013. Penggunaan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Pada Pokok Bahasan Usaha dan Energi. Skripsi (online). Semarang: FMIPA UNNES.
Bidari, 2016. Pengaruh Habits of Mind Terhadap Kemampuan Generalisasi Matematis Siswa, Skripsi (online). Jakarta: FTK UIN Syarif Hidayatullah.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Taqwa, Musdalifa. 2017. Efektifitas Model Learning Cycle 7E (LC 7E) Berbasis Pendekatan Konstruktivisme. Journey of Islamic Education Management Vol. 2 No. 2
Qadarsih, 2017. Pengaruh Kebiasaan Pikiran (Habits Of Mind) Terhadap Penguasaan Konsep Matematika. Jurnal SAP Vol.2 No.2