Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya pemahaman siswa dalam proses pembelajaran yang menyebabkan siswa tidak mampu mendifinisikan kembali materi pembelajaran kedalam bahasa mereka sendiri yang berakibatkan siswa sulit untuk memahami materi yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini menggunakan One Grup Pretest Posttest design. Metode pengumpulan data adalah observasi dan tes pemahaman konsep dengan subyek penelitian siswa kelas X SMK PGRI 2 Kediri. Dengan demikian penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan penelitian kuantitatif
Kesimpulan hasil penelitian ini Melalui penggunaan pendekatan deduktif dengan model STAD (Student Teams Achievement Division) pada materi barisan dan deret aritmatika (1) Penerapan pendekatan deduktif dengan model STAD (Student Teams Achievement Division) pada materi barisan dan deret aritmatika dilihat dari kegiatan guru dengan rata-rata 96% dan kegiatan siswa, diperoleh rata-rata 265 kedua-duanya meningkat secara klasikal bahwa pebelajaran materi barisan dan deret aritmatika dengan mengunakan kedekatan deduktif dan model STAD (Stand Teams Achievement Division) dinyatakan baik, (2) Pemahaman konsep siswa sebelum diberikan pendekatan deduktif dengan model STAD terhadap materi barisan dan deret aritmatika adalah rendah dengan rata-rata nilai pre-test 54,03, (3) Pemahaman konsep siswa sesudah diberikan pendekatan deduktif dengan model STAD terhadap materi barisan dan deret aritmatika adalah tinggi dengan nilai rata-rata post test 81.94, (4) Ada peningkatan pemahaman konsep siswa terhadap materi barisan dan deret aritmatika pada penerapan pendekatan deduktif dengan model STAD. Dengan hasil uji paired samples t-test sebesar -26,80.
Agustina, L. 2016. Upaya Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 4 Sipirok Kelas VII Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Jurnal EKSAKTA, (1). (Online), tersedia: http://jurnal.um-tapsel.ac.id, diakses pada tanggal 08 Agustus 2018.
Kulsum, S. U. 2009. PTK: Penerapan Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Konsep Bilangan Bulat. Bandung: Studio Press.
Ngalim Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Purwanto, M. Ngalim. 1994. Prinsip-prinsip dan Teknik EvaluasiPengajaran. Bandung: Rosdakarya.
Winarso, W. 2014. Membangun Kemampuan Berfikir Matematika Tingkat Tinggi Melalui Pendekatan Induktif, Deduktif Dan Induktif Deduktif Dalam Belajar Matematik. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 3 (2). (Online), tersedia: http://www.researchgate.net, diakses pada 7 september 2018
Zulkardi. 2003.Pendidikan Matematika di Indonesia: Beberapa Permasalahan dan Upaya Penyelesaiannya. Palembang: Unsri.