ANALISIS KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA KELAS 3 SD DITINJAU DARI POLA SIDIK JARI


Author (Penulis)

NIA FITRIA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.05.0082

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan peneliti bahwa pendidikan di Indonesia saat ini masih menitik beratkan kemampuan matematis sebagai tolak ukur keberhasilan siswa. Pendidikan matematika sendiri, di lingkungan Pendidikan di Indonesia selalu mengacu pada pendidikan kognitif, sehingga penilaian kognitif selama ini dijadikan guru sebagai penentu penilaian siswa. Sehingga peneliti ingin menganalisa kemampuan berhitung anak menggunakan metode yang saat ini sedang berkembang, yaitu dengan pola sidik jari. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Adakah perbedaan kemampuan berhitung siswa ditinjau dari pola sidik jari? (2) Bagaimana kemampuan berhitung siswa ditinjau dari pola sidik jari?. Peneliti menggunakan tiga sekolah dasar yang digunakan sebagai sampel penelitian. Tiga sekolah tersebut antara lain SDN Kemaduh 1 yang beralamat Sukorejo, Kemaduh, baron, Kab. Nganjuk Jatim; SDN Kemaduh 2 yang beralamat di Kemaduh, Baron, Kab. Ngannjuk, Jawa timur; dan MI Miftahul huda.yang beralamat di Sambirejo, Katerban, Baron, Kab. Nganjuk, jawa timur. Ketiga sekolah tersebut dipilih oleh peneliti untuk dijadikan obyek penelitian karena mempertimbangkan jarak yang dapat dijangkau dan jumlah siswa yang ,mendekati sama, selain itu juga dipertimbangkan kemampuan rata rata siswa yang sama. Berdasarkan paparan analisis data dan pembahasan, maka untuk menjawab tujuan penelitian dapat dibuat suatu kesimpulan penelitian yaitu (1) Tipe sidik jari Whorl memiliki kecenderungan nilai kemampuan berhitung di atas rata-rata. Menurut penelitian psikologis mengatakan bahwa tipe whorl memiliki karakteristik mencari pemecahan persoalan dengan caranya sendiri, sehingga menemukan penyelesaian dalam setiap permasalahan yang ia hadap (2) Ada perbedaan kemampuan berhitung siswa jika ditinjau dari pola sidik jari.

 

Kata Kunci  : kemampuan berhitung, pola sidik jari


Keyword

Pola Sidik Jari, Kemampuan Berhitung, Dermatoglyphic

Reference

 Rahayu, Septiana Intan. 2010. Mendeteksi Kemampuan Matematika Menggunakan Pola Sidik Jari pada Siswa Kelas XI IPA Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Kota Kediri Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. Tidak dipublikasikan. Kediri: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI.

Suyanto. 2005. Konsep Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.


PUBLISHED

2019-02-14

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 03 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade