EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN PBL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAME INTERAKTIF (MINECRAFT) TERHADAP MATERI GEOMETRI DIMENSI TIGA


Author (Penulis)

DWI SETYAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.05.0079

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan hasil pengalaman peneliti bahwa pembelajaran matematika di SMA cenderung berpedoman pada suatu cara yang hanya diberikan oleh guru, masih terpacu pada rumus yang ada, serta kurangnya siswa dalam mengembangkan kemampuan berfikirnya dalam menyelesaikan masalah matematika. akibatnya menimbulkan dampak buruk bagi hasil belajar siswa.

          Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui  efektivitas media pembelajaran dalam menyelesaikan masalah kontekstual matematika ditinjau dari kompetensi guru, aktivitas peserta didik, respon peserta didik, dan hasil belajar peserta didik.

          Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian deskriptif kuantitatif, menggunakan teknik Probability Sampling, subjek penelitian peserta didik kelas XII IPA 2 SMA Negeri 1 Sukomoro dengan tiga puluh enam sampel terpilih. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi kompetensi guru, lembar observasi aktivitas peserta didik, lembar angket respon peserta didik, dan hasil belajar peserta didik. 

            Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kompetensi guru dalam mengelola pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media game interaktif pada materi geometri dimensi tiga baik. (2) Aktivitas peserta didik dalam kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media game interaktif pada materi geometri dimensi tiga aktif. (3) Respon peserta didik terhadap pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media game interaktif pada materi geometri dimensi tiga positif. (4) Hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media game interaktif pada materi geometri dimensi tiga aktif

            Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini diharapkan untuk guru lebih mengenal dan mengembangkan media pembelajaran dan dapat memaksimalkan pembelajaran yang kreatif dan inovatif terhadap materi matematika yang diberikan. Sehingga siswa dapat memahami materi yang diberikan dari hasil perlakuan terhadap peserta didik yang dimiliki.

 

KATA KUNCI  : problem based learning, game interaktif minecraft, geometri.


Keyword

a

Reference

Abdurrozak, Rizal, Jayadinata Asep Kurnia, & ‘Atun Isrok. 2016. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1 (1). (Online), tersedia : (http://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/download/3580/pdf) di unduh 28 Juli 2018.

Arikunto, Suharsimi. 1999. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. ed. Rev. IV. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 1993. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek ed. Rev. II. Jakarta: Rineka Cipta.

Fauzan, Maaruf, Gani Abdul, & Syukri. M. 2017. Penerapan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5 (1). (Online), tersedia: (http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JPSI/article/download/8404/6797), di unduh 28 Juli 2018.

Nafiah, Yunin Nurun & Suyanto. W. 2014. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4 (1). (Online), tersedia: (https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/viewFile/2540/2098), di unduh 28 Juli 2018.

Rohmawati, Afifatu. 2015. Efektivitas Pendidikan. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9 (1).(Online), tersedia: (http://pps.unj.ac.id/journal/jpud/article/view/90), di unduh 25 Juli 2018.

Rohimah, Iim & Nursuprianah Indah. 2016. Pengaruh Pemahaman Konsep Geometri Terhadap Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Bidang Datar(Studi Kasus Kelas VII di SMP Negeri 1 Cidahu Kabupaten Kuningan).  Eduma, 5 (1). (Online), tersedia: (https://media.neliti.com/media/publications/55137-ID-pengaruh-pemahaman-konsep-geometri-terha.pdf), di unduh 27 Juli 2018.

Safrina, Khusnul, Ikhsan. M, & Ahmad Anizar. 2014. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Teori Van Hiele. Jurnal Didaktik Matematika, 1 (1). (Online), tersedia: (https://media.neliti.com/media/publications/55137-ID-pengaruh-pemahaman-konsep-geometri-terha.pdf), di unduh 27 Juli 2018.

Wibowo, Hananto. 2010. Perbandingan Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Savi dan Pendekatan Konvensional pada Materi Prisma dan Limas ditinjau dari Prestasi Belajaran Siswa Kelas VIII SMP 2 Depok Yogyakarta. Skripsi. (http://eprints.ums.ac.id/4697/1/A410050097.pdf). Yogyakarta: UNY.


PUBLISHED

2019-02-15

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 03 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI