ABSTRAK
Kemampuan berpikir siswa Indonesia masih tergolong rendah, hal ini terlihat dari peringkat Indonesia berdasarkan hasil TIMSS pada tahun 2015. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa dan memberikan penguatan kemampuan siswa, salah satu upaya yang dilakukan dengan membekali siswa dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi dengan menggunakan soal-soal HOTS berdasarkan tingkatan berpikir Marzano. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan soal matematika HOTS berdasarkan tingkatan berpikir Marzano yang valid dan reliabel. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Tessmer. Pengembangan dengan model ini dilakukan dalam dua tahap, yakni: 1) tahap preliminary dan 2) tahap evaluasi formativ. Uji coba dilakukan di SMA Negeri 6 Kediri dengan siswa kelas XI MIA 2 sebagai subjek penelitian. Instrumen pengumpulan data yang digunakan terdiri dari kisi-kisi soal, lembar soal, lembar angket keterbacaan, dan lembar validasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis butir soal yang terdiri dari validitas, taraf kesukaran, dan analisis daya beda, serta uji reliabilitas. Hasil pengembangan ini adalah 21 soal valid dari 26 butir soal yang dibuat. Dari 26 butir soal tersebut, 3 butir soal dinyatakan sukar, 20 butir soal memiliki tingkat kesukaran sedang, dan 3 butir soal lainnya merupakan soal yang tergolong mudah. Selain itu, soal-soal ini juga dinyatakan reliabel dengan nilai Cornbach’s Alpha sebesar 0.879.
Arifin, R. Nugroho. 2018. HOTS Keterampilan berpikir tingkat tinggi. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Ariyana, Yoki, dkk. 2018. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Heong, Yee Mei., et. al. 2011. The Level of Marzano Higher Order Thinking Skills amongTechnical Education Students. International Journal of Social Science and Humanity, 2 (1). diunduh 01 Mei 2018
Kendal, John S. & Marzano, Robert J. 2008. Designing and Assessing Educational Objectives, Applying The New Taxonomy. California: Corwin Press.
Mangelep, N.O. 2012. Penelitian Pengembangan (Development Research). (online). tersedia: https://navelmangelep.wordpress.com/2012/04/01/penelitian-pengembangan-development-research/, diunduh 10 Juli 2017
Pramana, Gilang Jaka. 2014. Pengertian Matematika menurut Pendapat Ahli dan Kurikulum (online). tersedia: http://www.rumusmatematikadasar.com/2014/09/pengertian-matematika-menurut-pendapat-ahli-dan-kurikulum.html, diunduh 09 April 2018
Tessmer, Martin. 1995. Planning and Conducting-Formative Evaluations. London, Philadelphia: Kogan Page.
Yovi, Muhammad. 2014. Pengertian Matematika menurut Para Ahli. tersedia: http://woocara.blogspot.co.id/2015/12/pengertian-matematika-menurut-para-ahli.html, diunduh 05 Mei 2018
http://digilib.uinsby.ac.id/849/5/Bab%202.pdf