PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) BERDASARKAN TINGKAT BERPIKIR MARZANO


Author (Penulis)

MEY LINDA RUKMANASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.05.0077

Abstract

ABSTRAK

Kemampuan berpikir siswa Indonesia masih tergolong rendah, hal ini terlihat dari peringkat Indonesia berdasarkan hasil TIMSS pada tahun 2015. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa dan memberikan penguatan kemampuan siswa, salah satu upaya yang dilakukan dengan membekali siswa dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi dengan menggunakan soal-soal HOTS berdasarkan tingkatan berpikir Marzano. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan soal matematika HOTS berdasarkan tingkatan berpikir Marzano yang valid dan reliabel. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Tessmer.  Pengembangan dengan model ini dilakukan dalam dua tahap, yakni: 1) tahap preliminary dan 2) tahap evaluasi formativ. Uji coba dilakukan di SMA Negeri 6 Kediri dengan siswa kelas XI MIA 2 sebagai subjek penelitian. Instrumen pengumpulan data yang digunakan terdiri dari kisi-kisi soal, lembar soal, lembar angket keterbacaan, dan lembar validasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis butir soal yang terdiri dari validitas, taraf kesukaran, dan analisis daya beda, serta uji reliabilitas. Hasil pengembangan ini adalah 21 soal valid dari 26 butir soal yang dibuat. Dari 26 butir soal tersebut, 3 butir soal dinyatakan sukar, 20 butir soal memiliki tingkat kesukaran sedang, dan 3 butir soal lainnya merupakan soal yang tergolong mudah. Selain itu, soal-soal ini juga dinyatakan reliabel dengan nilai Cornbach’s Alpha sebesar 0.879.


Keyword

Soal Matematika, HOTS (Higher Order Thinking Skills), Taksonomi Marzano

Reference

Arifin, R. Nugroho. 2018. HOTS Keterampilan berpikir tingkat tinggi. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Ariyana, Yoki, dkk. 2018. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Heong, Yee Mei., et. al. 2011. The Level of Marzano Higher Order Thinking Skills amongTechnical Education Students. International Journal of Social Science and Humanity, 2 (1). diunduh 01 Mei 2018

Kendal, John S. & Marzano, Robert J. 2008. Designing and Assessing Educational Objectives, Applying The New Taxonomy. California: Corwin Press.

Mangelep, N.O. 2012. Penelitian Pengembangan (Development Research). (online). tersedia: https://navelmangelep.wordpress.com/2012/04/01/penelitian-pengembangan-development-research/, diunduh 10  Juli 2017

Pramana, Gilang Jaka. 2014. Pengertian Matematika menurut Pendapat Ahli dan Kurikulum (online). tersedia: http://www.rumusmatematikadasar.com/2014/09/pengertian-matematika-menurut-pendapat-ahli-dan-kurikulum.html, diunduh 09 April 2018

Tessmer, Martin. 1995. Planning and Conducting-Formative Evaluations. London, Philadelphia: Kogan Page.

Yovi,  Muhammad. 2014. Pengertian Matematika menurut Para Ahli. tersedia: http://woocara.blogspot.co.id/2015/12/pengertian-matematika-menurut-para-ahli.html, diunduh 05 Mei 2018

http://digilib.uinsby.ac.id/849/5/Bab%202.pdf


PUBLISHED

2019-02-15

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 03 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade