ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN LANGKAH-LANGKAH POLYA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL (SPLTV) DITINJAU DARI KEMAMPUAN PENALARAN SISWA


Author (Penulis)

DEWANGGA KURNIA DANU PUTRA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.05.0074

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLTV) yang ditinjau dari kemampuan penalaran siswa. Dimana kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dapat dilihat dari cara siswa memahami dan menyelesaikan masalah. Dalam matematika berhasil atau tidaknya seseorang dalam matematika ditandai dengan adanya kemampuan dalam menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan langkah-langkah Polya  pada materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (SPLTV) ditinjau dari kemampuan penalaran siswa.

Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian kelas X SMK Muhammadiyah 1 Kediri. Pengambilan data dilakukan dengan cara memberikan tes tulis kemampuan pemecahan masalah matematika serta wawancara berdasarkan hasil tes yang dilakukan oleh masing-masing subjek.

Adapun indikator pemecahan masalah yaitu (1) memahami masalah, (2) merencanakan penyelesaian, (3) menyelesaikan masalah, dan (4) memeriksa kembali. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah (1) subjek dengan kemampuan penalaran rendah tidak mampu untuk menentukan syarat cukup dan syarat perlu menyelesaikan maslaah. (2) Subjek dengan kemampuan penalaran sedang mampu untuk menentukan syarat cukup dan syarat perlu dalam menyelesaikan masalah. (3) Subjek dengan kemampuan penalaran tinggi mampu untuk menentukan syarat cukup dan syarat perlu dalam menyelesaikan masalah

 

Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Langkah-langkah Polya, SPLTV, Kemampuan Penalaran


Keyword

a

Reference

                                                        Daftar Pustaka

 

Napitupulu, E.E. (2008). Peran Penalaran dalam Pemecahan Masalah Matematik.

   Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika, 167-180. Retrieved from http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/692

 

Polya, G. (1973). How to Solve It.

Princeton, New Jersey: princeton University Press.

 

Saad, N.S. & Ghani, A.S. (2008).  Teaching Mathematics in Secondary School Theories and Practices. Perak : Universiti Pendidikan Sultan Idris

 

 Shadiq, F. (2004). Pemecahan masalah Penalaran dan Komunikasi. Makalah disampaikan pada diklat Instruktur Pengembangan Matematika SMP Jenjang dasar di PPPG Matematika tanggal 6 s.d 19 Agustus 2004. Yogyakarta : Depdiknas Dirjendiknas dasar dan Menengah Pusat Pengembangan Penataran Guru (PPPG) Matematika Yogyakarta

 

 

Siswono, T. Y. E. (2009). Proses berpikir Analogi Siswa Dalam memecahkan Masalah Matematika, 1-15. Retrieved from http://www.academi.edu/4069250/PROSES_BERPIKIR_ANALOGI-SISWA_DALAM_MEMECAHKAN-MASALAH_MATEMATIKA_UNEJ_28_Pebruari_2009_

 

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.

     Bandung: Alfabeta.

 

Suriasumantri, J. S. (2010). Filsafat Ilmu: Sebuah Pengatar Populer. Jakarta: Sinar Harapan.

 

Suherman, Eman. (2003). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: JICA. UPI

 


PUBLISHED

2019-07-30

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 05 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI