Rendahnya minat belajar terhadap matematika khususnya pada materi luas lingkaran jika dikaitkan dengan bangun datar yang lainnya dipengaruhi oleh faktor antara lain kurangnya sarana dan prasarana yang kurang mendukung seperti halnya minimnya penggunaan alat peraga, penerapan model pembelajaran, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, respon siswa dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran dalam suatu pembelajaran matematika. Dalam hal ini peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang didukung alat peraga pada materi luas lingkaran di SMPN 1 Ngantru. Hasil penelitian ini adalah bahwa efektivitas pembelajaran matematika kelas VIII SMPN 1 Ngantru pada materi luas lingkaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang didukung alat peraga termasuk dalam pembelajaran yang efektif. Ini dilihat dari (1) Kemampuan guru matematika kelas VIII SMPN 1 Ngantru Tulungagung dalam mengelola pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang didukung alat peraga pada materi luas lingkaran memiliki nilai rata-rata baik. (2) Data aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD yang didukung alat peraga pada materi luas lingkaran adalah menunjukkan kategori aktif. (3) Data respon siswa dalam kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang didukung alat peraga pada materi luas lingkaran adalah menunjukkan kategori positif. (4) Ketuntasan belajar klasikal siswa kela VIII SMPN 1 Ngantru Tulungagung menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD didukung alat peraga pada materi luas lingkaran telah tercapai karena ≥85%.
Arikunto, Suharsimi, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta, Rineka Cipta.
Hudoyono, Herman, 2005. Pengembangan Kurikulum dan Matematika, Malang, UM Press
Wicaksono, Agung, 2009. Efektivitas Pembelajaran. (http://Agungprudent.wordpress.co.m)