KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DIDUKUNG ALAT PERAGA PADA MATERI LUAS LINGKARAN DI SMP NEGERI 1 NGANTRU


Author (Penulis)

DWI FITRIA NINGSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.05.0073

Abstract

Rendahnya minat belajar terhadap matematika khususnya pada materi luas lingkaran jika dikaitkan dengan bangun datar yang lainnya dipengaruhi oleh faktor antara lain kurangnya sarana dan prasarana yang kurang mendukung seperti halnya minimnya penggunaan alat peraga, penerapan model pembelajaran, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, respon siswa dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran dalam suatu pembelajaran matematika. Dalam hal ini peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang didukung alat peraga pada materi luas lingkaran di SMPN 1 Ngantru. Hasil penelitian ini adalah bahwa efektivitas pembelajaran matematika kelas VIII SMPN 1 Ngantru pada materi luas lingkaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang didukung alat peraga termasuk dalam pembelajaran yang efektif. Ini dilihat dari (1) Kemampuan guru matematika kelas VIII SMPN 1 Ngantru Tulungagung dalam mengelola pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang didukung alat peraga pada materi luas lingkaran memiliki nilai rata-rata baik. (2) Data aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD yang didukung alat peraga pada materi luas lingkaran adalah menunjukkan kategori aktif. (3) Data respon siswa dalam kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang didukung alat peraga pada materi luas lingkaran adalah menunjukkan kategori positif. (4) Ketuntasan belajar klasikal siswa kela VIII SMPN 1 Ngantru Tulungagung menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD didukung alat peraga pada materi luas lingkaran telah tercapai karena ≥85%.


Keyword

a

Reference

Arikunto, Suharsimi, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta, Rineka Cipta.

Hudoyono, Herman, 2005. Pengembangan Kurikulum dan Matematika, Malang, UM Press

Wicaksono, Agung, 2009. Efektivitas Pembelajaran. (http://Agungprudent.wordpress.co.m)


PUBLISHED

2018-08-14

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 09 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI