ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XI DALAM MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA MENURUT DE POTER & HERNACKI PADA MATERI TURUNAN


Author (Penulis)

MEGAH PUJACIPTA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.05.0071

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematika dalam konteks discovery learning ditinjau dari perbedaan gaya belajar, dimana subjek terdiri dari 3 siswa kelas XI TKJ SMK Brawijaya Kota Kediri yang bergaya belajar visual, auditory, dan kinestetik. Penelitian ini merupakan penelitiam kualitatif. Dalam penelitian ini terdapat dua jenis instrument, yaitu instrumen utama yaitu peneliti itu sendiri dan instrument pendukung yaitu RPP, angket gaya belaja, lembar soal tes pemecahan masalah matematika dan lembar  wawancara. Subjek penelitian ini adalah satu siswa bergaya belajar visual, satu siswa bergaya belajar auditori dan satu siswa bergaya belajar. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis diperoleh deskripsi kemampuan pemecahan masalah matematika adalah sebagai berikut : 1) Subjek (GBV) kurang bisa memahami masalah sehingga berpengaruh pada jawaban yang dihasilkan, kemudian GBV tidak melakukan mengecekan kembali hasil yang diperoleh,hal ini terjadi karena kebiasaan GBV yang kurang begitu suka membaca, 2) Subjek (GBA), dalam memahami masalah dengan dengan baik dan mampu membuat perencanaan dengan mengaitkan antara fakta yang diketaui dengan konsep yang dimiliki sebelumnya.. 3) Subjek (GBK) dalam proses memahami masalah GBK membaca soal sambil menggerakkan anggota badan, merasa gelisah saat membaca sehingga tidak fokus dalam memahami soal, hal ini berdampak pada jawaban yang diberikan oleh subjek GBK yang jawabannya kurang sesuai dengan hasil yang diinginkan.

 

 Kata kunci: Pembelajaran discovery learning, Kemampuan pemecahan Masalah matemtika, gaya belajar, visual, audioditory dan kinestetik


Keyword

a

Reference

Arikunto, Suharsimi. 2016. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Moeleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Balim, A. G. 2009. The Effects of Discovery Learning on Students’ Success and Inquiry Learning Skills. Egitim Arastirmalaria-Eurasian Journal ofEducational Research, 35, 1-20.

Yuwono, A. 2010. Profil Siswa SMA Dalam Memecahkan Masalah MatematikaDitinjau dari Tipe Kepribadian. Tesis. Surakarta: PPS Universitas SebelasMaret.

G.Polya, 1973.How To Solve It, A New Aspect Of MathematicalMethod. New Jersey :Princeton University Press

De Poter, B. & Hernacki, M. (1999).

Quantum learning. Yogyakarta: Kaifa

Widodo,Suryo.(2017). Menghasilkan Lulusan Kreatif Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Kontekstual. Jurnal math educator nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 3(2),59-72.doi: 10.29407/jmen.v3i2.856


PUBLISHED

2018-08-27

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 08 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI