Binti Sya’datul Aslamiah : Etnomatematika Kerajinan Rajut pada Komunitas Rajut, Skripsi, Pendidikan Matematika, FKIP UN PGRI Kediri, 2018
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan peneliti terhadap kegiatan sehari-hari yang mengandung unsur matematika, kemudian peneliti terinspirasi dari kondisi di sekitar, dimana banyak masyarakat Kediri yang menggemari kegiatan merajut sehingga membentuk suatu komunitas rajut. Setelah dilakukan pengamatan, ditemukan terdapat pola yang terbentuk dari aneka warna benang yang dipadukan dan merupakan hasil dari perhitungan matematika sehingga membentuk sebuah pola atau gambar.
Permasalahan penelitian ini adalah masyarakat banyak yang tidak mengetahui konsep matematika yang ada pada kerajinan rajut sehingga muncul pertanyaan penelitian, yaitu bagaimana etnomatematika kerajinan rajut pada komunitas rajut Kediri?
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, dimana data yang dikumpulkan berupa gambar atau deskripsi dari hasil rajut anggota Komunitas Rajut Kediri yang mengandung konsep matematika. Data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi yang selanjutnya dilakukan pengecekan secara triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah kerajinan rajut pada komunitas rajut kediri mengandung beberapa konsep matematika ditinjau dari tampilan dan prosesnya, yaitu konsep operasi hitung penjumlahan, pengurangan, perkalian, konsep kelipatan bilangan, pola bilangan, permutasi, dan konsep geometri pada tampilan kerajinan rajut.
Dari hasil penelitian tersebut dapat digunakan sebagai sumber belajar matematika dengan konsep yang ada pada kerajinan rajut tersebut dan perajut dapat belajar konsep matematika guna mempermudah kegiatan merajut yang dilakukan.
KATA KUNCI : etnomatematika, kerajinan rajut, komunitas rajut
Alsa, Asmadi. 2010. Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif serta Kombinasinya dalam Penelitian Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Indrawati, Yenny. 2015. Etnomatematika pada Proses Jual Beli yang Dilakukan Masyarakat Osing di Pasar Tradisional sebagai Bahan Pembelajaran Aritmatika. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Jember: FKIP Universitas Jember.
Rachmawati, Inda. 2012. Eksplorasi Matematika Masyarakat Sidoarjo. Jurnal UNESA.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabet