PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIATON) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SOAL HOTS PESERTA DIDIK KELAS X SMK PAWYATAN DAHA 2 KEDIRI PADA MATERI SPLTV


Author (Penulis)

INDRA ALVIN JANUARINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.05.0062

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh Model Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualiaton)Dalam Meningkatkan hasil belajar siswa pada soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) Peserta Didik Kelas SMK Pawyatan Daha 2 Kediri Pada Materi SPLTV Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian quasi eksperimen. Dalam penelitian ini terdapat dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas X BDP 1 menjadi kelas eksperimen dan X BDP 2 menjadi kelas kontrol.Data dikumpulkan dengan metode tes. Penelitian ini dilakukan di SMK Pawyatan Daha 2 Kediri pada tahun ajaran 2018/2019 yang melibatkan 72 peserta didik sebagai sampel, pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan simple random sampling.Instrumen yang digunakan berupa lembar pretest dan posttest.Dari tabel Materi SPLTV dengan model pembelajaran TAI dan grafik Nilai tes hasil belajar dengan kemampuan hasil belajar pada soal HOTS peserta didik materi SPLTV di atas dapat diketahui presentase kemampuan HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada materi sistem SPLTV dengan model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualiaton), ada kategori sangat tinggi 10 peserta didik atau 28%, pada kategori tinggi terdapat 9 peserta didik atau 25%,  pada kategori sedang terdapat 9 peserta didik atau 25%, danpada kategori rendah terdapat 8 peserta didik atau 22%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan mayoritas hasil belajar pada soal HOTS(Higher Order Thinking Skills) pada materi SPLTV dengan model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualiaton) pada kategori sangat tinggi dan tinggi. Selain itu jika dilihat dari rata-rata hasil belajar pada materi SPLTV dengan model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualiaton) yaitu sebesar 83,03 pada kategori tinggi.

 

KATA KUNCI  : Pembelajaran Matematika, Pembelajaran TAI,Hasil Belajar, HOTS


Keyword

Pembelajaran Matematika, Pembelajaran TAI,Hasil belajar,HOTS

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Arifin,Zainal.2015. Analisis Instrumen Pengukur Higher Order Thinking Skills (HOTS) Matematika Siswa Sma.  Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika.UNY

 

Jatmiko, J.2015. Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X Smk Nahdhatul Ulama Pace Nganjuk. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 1(2). PP 205-207

 

Komari, K.2018. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 8 MTs Negeri Termas Kecamatan Baron Tahun Pelajaran 2017/2018 Dengan Menerapkan Pendekatan Model Arias. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 4(2), PP 132-142. 

 

Marsudi, Saring dan Samino. 2011. Layanan Bimbingan Belajar. Surakarta: Fairuz Media

 

Sutriningsih, Naning. 2015. Model Model Pembelajaran Team Assisted Individualization) Berbasis Assessment For Learning Pada Persamaan Garis Lurus Ditinjau Dari Karakteristik Cara Berpikir.  Jurnal Mathematic Educator. Vol 1, No. PP 43-51

 

Soedjadi.R. 2007. Masalah Kontekstual Sebagai Batu Sendi Matematika Sekolah. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA.

 

Sudjana, Nana.2009. Dasar – dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido

 


PUBLISHED

2019-02-18

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 04 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade