PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED


Author (Penulis)

LAILATUL AMALIA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.05.0060

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan bahwa rendahnya minat belajar matematika siswa yang ditunjukkan dengan kurangnya perasaan senang siswa terhadap pembelajaran dan sebagian besar siswa tidak bisa memperhatikan secara terus menerus terhadap materi yang sedang disampaikan, guru belum menggunakan model pembelajaran  yang bervariasi dalam menyampaikan materi pembelajara, Keterlibatan atau aktivitas sebagian besar siswa dalam pembelajaran masih kurang. Selain itu kemampuan koneksi matematis siswa masih belum baik dan hasil pekerjaan siswa masih tidak sesuai dengan prosedur penyelesaian yang diajarkan.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui penerapan model open ended  pada materi segiempat dan segitiga (2) Adakah peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa SMP pada materi segitiga dan segiempat dengan model Open ended pada siswa SMPN 3 kediri kelas VII ?

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan teknik menelitian ekspermen dan dengan desain penelitian One group posttest design, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 32 siswa dari populasi 347 siswa pada kelas VII di SMPN 3 Kediri. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan lembar tes kemampuan konesksi matematis .

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Berdasarkan hasil analisis deskriptis, diperoleh penerapan model pembelajaran open ended dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis pada siswa kelas VII-K SMPN 3 Kediri. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis observasi aktivitas guru  sebesar  87,5% yang berada pada kategori baik. Pada aktivitas siswa dalam pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran open ended dapat berjalan sesuai indikator yang ditentukan. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis observasi siswa sebesar 70,13 yang berada dalam kategori baik. (2) Berdasarkan hasil analisis dan uji hipotesis diperoleh rata-rata skor tes siswa sebelum diberikan model pembelajaran Open Ended adalah 58,34. Rata-rata skor tes setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Open Ended adalah 72,18. Dari perhitungan Paired sample t test berbantuan SSPS versi 22 for windows 10 diperoleh hasil perhitungan uji t dengan taraf signifikan 5% diperoleh sig (2-tailed) <taraf signifikan 5% yaitu 0,000<0,005. Sehiingga H0 ditilak dan H1 diterima, berarti menunjukkan ada peningkatakan kemampuan koneksi matematis siswa melalu model pembelajaran Open Ended pada siswa kelas VII-K SMPN 3 Kediri.

 

KATA KUNCI  : Koneksi Matematis, Open Ended, Segitiga dan Segiempat

 


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

National Council of Teachers of Mathematics. 2000. Principles and Standars for school Mathematics. United States of America: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc

Shimada, S., & Becker J. P. 1997. The OpenEnded Approach.A New Proposal for Teaching Mathematics. Virginia: NCTM.  

Sugiman. 2008. Koneksi matematis Dalam Pembelajaran Matematika Disekolah Menengah Pertama. Yogyakarta: FMIPA UNY

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.


PUBLISHED

2018-08-15

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 08 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI