PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO


Author (Penulis)

OKI DIYAH PUSPITA NINGRUM
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.05.0057

Abstract

ABSTRAK

Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan soal matematika HOTS (Higher Order Thinking Skills) kelas X berdasarkan taksonomi SOLO yang valid dan reliabel?. Penelitian ini juga bertujuan untuk menghasilkan soal matematika HOTS (Higher Order Thinking Skills) kelas X berdasarkan taksonomi SOLO yang valid dan reliabel. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Tessmer. Model pengembangan ini terdiri dari 2 tahap yaitu (1) tahap preliminary (2) formative evaluation. Uji coba penelitian ini dilakukan di kelas X MIPA 4 SMA Negeri 6 Kediri. Instrumen pengumpulan data yang digunakan antara lain kisi-kisi soal, kartu soal, lembar soal matematika HOTS kelas X berdasarkan taksonomi SOLO, lembar validasi, dan angket keterbacaan soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisi soal yang meliputi validitas, reliabilitas, taraf kesukaran dan daya beda.Hasil penelitian ini adalah 17 butir soal dinyatakan valid dan reliabel dari 20 butir soal matematika HOTS kelas X berdasarkan taksonomi SOLO. Hasil penelitian menunjukkan soal yang dikembangkan valid berdasarkan perhitungan menggunakan rumus percentage of agreement,dengan semua  butir soal memiliki persentase lebih dari 75%. Selain itu, penelitian ini juga menghasilkan soal yang reliabel dengan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,897.

Kata Kunci: Soal Matematika, HOTS, Taksonomi SOLO


Keyword

Soal Matematika, HOTS (Higher Order Thinking Skills), Taksonomi SOLO

Reference

Biggs, John B., & Collis, Kevin F. 1982. Evaluating The Quality of Learning: The SOLO Taxonomy (Structure of Observed Learning Outcome). London: Academic Press Inc.

Gunawan, Adi W. 2003. Genius Learning Strategi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Morteza, Momo. 2009. “Teori Belajar Kognitif”. (http://hasanahworld.wordpress.com. diakses tanggal 5 November 2017.

Oka, Gde Putu Arya. 2017. Model Konseptual Pengembangan Produk Pembelajaran Beserta Teknik Evaluasi. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Soedjadi, R. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia: Konstatasi Keadaan  Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan. (Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas, 2000).

Tessmer, Martin. 1995. Planning and Conducting-Formative Evaluations. London, Philadelphia: Kogan Page.

Widana, I. W. 2017. Modul penyusunan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan


PUBLISHED

2019-02-17

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade