Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK Pada Materi Matriks


Author (Penulis)

WINDA NURFIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.05.0052

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari rendahnya aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran serta masih rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika. Hal ini dikarenakan penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat membuat siswa mudah bosan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah : 1) Bagaimana implementasi model kooperatif talking stick terhadap pembelajaran matematika pada materi matriks? 2) Adakah peningkatan hasil belajar siswa pada implementasi model kooperatif talking stick?.  Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik Pre-Experimental bentuk One-Group Pretest – Postest Design. Populasi pada penelitian ini adalah Kelas X di SMK Pemuda Papar tahun 2018. Sampel diambil dengan teknik Purposive Sampling yaitu kelas X-TKR. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes dalam bentuk uraian. Teknik analisis data menggunakan uji t. Sebelum menggunakan uji t dilakukan uji normalitas dahulu untuk mengetahui apakah data berdistibusi normal atau tidak. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Berdasarkan hasil analisis deskriptif diketahui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dikategorikan baik, hal itu dilihat dari aktivitas guru dan siswa yang memperoleh nilai prosentase yaitu 87,69% dan 70,99%, (2) Model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini dilihat dari rata-rata hasil belajar yang menyatakan bahwa rata-rata hasil belajar sebelum perlakuan memperoleh rata-rata sebesar 63,59 kemudian setelah diberikan perlakuan rata-rata meningkat menjadi 84,33 . Selain itu, peningkatan hasil belajar dibuktikan dengan perhitungan data hasil belajar dengan menggunakan uji t diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 dengan α=0,05 , dapat disimpulkan sig (2-tailed) <α=0,05  yang artinya ada peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif talking stick.


Keyword

a

Reference

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta :  Bumi Aksara

Ferdina. R. M, Rahmi dan Fitri. D. Y. (2012). “Pengaruh Penerapan Strategi  Talking Stick disertai Handout terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IX SMPN 2 Danau Kembar”. e-Jurnal Mahasiswa Prodi Pend Matematika 2012.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar : Yogyakarta

Maharani. S. (2011). “Efektivitas Model Pembelajaran Group Investigation dan Talking Stick Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Aspek Psikomotorik Pada Siswa Kelas VIII MTsN Karangmojo I Magetan Tahun Ajaran 2010/2011”. Jurnal FPMIPA IKIP PGRI Madiun.

Noryana. (2013). “Meningkatkan Minat Belajar PKn Materi Hak Asasi Manusia Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Siswa Kelas X.A SMA Negeri 11 Banjarmasin”.

Pradana, Bagus Andik. 2016. Pengaruh Pembelajaran Matematika Model Kooperatif Tipe Berikirim Salam Dan Soal Materi Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X TKR SMK Muhamadiyah 2 Kediri. Skripsi. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri

Sugiyono. 2010 . Statistik Untuk Penelitian. Jakarta : Rineksa cipta

Zulkarnain. 2015. Penerapan Model  Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika


PUBLISHED

2018-08-21

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 11 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI