PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR INTUISI SISWA PADA PEMECAHAN MASALAH ARITMATIKA SOSIAL


Author (Penulis)

NURUL HIDAYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.05.0050

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan hasil pengalaman peneliti bahwa dalam pemecahan masalah matematika siswa masih terpaku dengan rumus yang ada. Padahal masih banyak langkah yang dapat ditempuh untuk menyelesaikan masalah tersebut. Sehingga kadang siswa hanya punya satu langkah itu saja dalam menyelesaikan masalah yang ada. Bahkan ada yang hanya mengikuti rumus yang diberikan oleh guru tanpa paham benar langkah yang digunakan. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana profil kemampuan berpikir intuisi pada pemecahan masalah aritmatika sosial ?. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan berpikir intuisi siswa pada pemecahan masalah aritmatika sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian siswa kelas VII MTs Negeri 2 Kota Kediri. Teknik pengambilan subjek melalui Sampling Purposive dengan memperhatikan indikator intuisi. Kemudian siswa diberi tes tulis aritmatika sosial yang nantinya data tersebut dianalisis dan dikelompokkan ke karakteristik intuisi. Instrument yang digunakan berupa soal tes tulis dan lembar wawancara. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) subjek dengan karakteristik Common Sense mampu memenuhi indikator berpikir intuisi yaitu mampu memahami masalah secara spontan, memikirkan solusi secara spontan, menggunakan langkah atau kaidan didasarkan pada pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki dan mampu menunjukkan cara lain ketika memeriksa kembali jawaban. (2) subjek dengan karakteristik Catalytic Inference mampu memenuhi semua indikator berpikir intuisi yaitu mampu memahami masalah secara langsung, memikirkan solusi secara langsung, menggunakan jalan pintan, jawaban singkat dan tidak mampu memberikan jawaban yang logis dan menunjukkan cara lain ketika memeriksa kembali jawaban.

 

Kata Kunci  : berpikir intuisi, pemecahan masalah, aritmatika sosial


Keyword

berpikir intuisi, pemecahan masalah, aritmatika sosial

Reference

As’ari, Abdur R, Tohir, Muhammad & Valentino, Erik. 2016. Buku Paket Matematika Kelas 7 Semester 2. Jakarta: Kemdikbud.

 

Mawaddah, Siti, Anisah, Hana. 2015. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis SIswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) Di SMP. Banjarmasin : Universitas Lambung Mengkurat. Jurnal (Online)

 

Mudrika, Teguh Budiarto Teguh. 2013. Profil Intuisi Siswa SMP Dalam Memecahkan Masalah Geometri Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Siswa. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya. Jurnal. (Online)

 

Muniri. 2013. Karakteristik Berpikir Intuitif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, (Online)

 

Munir. 2012. Model Penalaran Intuitif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, (Online), tersedia http://www.fkip.uny.ac.id (diakses, 29 Juli 2018)

Sofia Sa,o. 2016. Berpikir Intuitif Sebagai Solusi Mengatasi Rendahnya Prestasi BElajar Matematika. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel. (Online), tersedia:  http://jrpm.uinsby.ac.id (diakses, 12 September 2018)

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan RND). Bandung: Alfabeta.

Widyaningrum, Indah. 2015. Desain Pembelajaran Materi Aritmatika Sosial Dengan Model Permainan Pasr-Pasaran. Pagaralam: STKIP Muhammadiyah Pagaralam. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), tersedia: http://journal.snaptika.ac.id (diakses, 4 September 2018)


PUBLISHED

2019-02-16

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade