ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS X SMK PGRI 2 KEDIRI DITINJAU DARI KEPERCAYAAN DIRI PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL


Author (Penulis)

YUPITA TRI REJEKI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.05.0049

Abstract

ABSTRAK

 

Yupita Tri Rejeki: ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI KEPERCAYAAN DIRI KELAS X SMK PGRI 2 KEDIRI PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL, Pendidikan Matematika, FKIP UN PGRI Kediri, 2019.

 

Berdasarkan hasil observasi peneliti pada saat melakukan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di salah satu SMK Kota Kediri bahwa secara umum, ada lebih dari 60% siswa dalam suatu kelas masih kurang mampu dalam menyampaikan ide matematika dalam diskusi kelas maupun dalam menyelesaikan tugas dari guru. Siswa yang memiliki kepercayaan diri rendah cenderung menghindari situasi komunikasi karena takut orang lain mengejek atau menyalahkan pendapatnya. Sedangkan seorang siswa yang memiliki kepercayaan diri tinggi ia lebih cenderung berani dan yakin akan kemampuan diri mereka sendiri dan akan berpengaruh terhadap kemampuan dalam memecahkan suatu permasalahan.

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari kepercayaan diri siswa pada materi SPLDV. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 siswa yang telah dikategorikan dalam kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari kepercayaan diri tinggi, sedang dan rendah. Keenam subjek tersebut kemudian diberikan tes kemampuan kemampuan komunikasi matematis dengan indikator a) memahami dan menjelaskan informasi yang terdapat pada soal dalam bentuk lisan maupun tulisan; b) menginterpretasikan informasi dan ide dalam model matematika; c) menghubungkan ide dan informasi untuk menentukan solusi penyelesaian dan d) menarik kesimpulan dari solusi matematika kedalam kehidupan nyata.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah subjek yang memiliki kepercayaan diri tinggi mampu memenuhi semua indikator, untuk subjek yang memiliki kepercayaan diri sedang mampu memenuhi 2 indikator saja sedangkan untuk subjek yang memiliki kepercayaan diri rendah tidak mampu memenuhi semua indikator, hanya memenuhi satu indikator.

 

KATA KUNCI :Kemampuan Komunikasi Matematis, Kepercayaan diri


Keyword

KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS, KEPERCAYAAN DIRI

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Alfitri, A. 2016. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis ditinjau dari Kepercayaan Diri Siswa Melalui Blended Learming. UJMER 5 (1) Hal 18.

Arikunto, S. 2016. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Armiati. 2003. Komunikasi Matematis dan Pembelajaran Berbasis Masalah. Seminar Nasional Matematika. Bandung: Universitas Katholik Parahyangan.

Armiati. 2009. Komunikasi Matematis dan Pembelajaran Berbasis Masalah. Disajikan dalam Semnas Matematika UNPAR. Bandung.

Auliana, N. 2017. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Statistika  Ditinjau Dari Gaya Belajar Visual, Auditorial, Kinestetik (Vak). Simki-Techsain Vol. 01 No. 06.

Darkasyi,  M., Johar, R. 2014. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Siswa dengan Pembelajaran Pendekatan Quantum Learning. Jurnal Didaktik Matematika ISSN : 2355-4185.

Fasikhah, S.S. 1994. Peranan Kompetensi Sosial Pada T.L Koping Remaja Akhir. Tesis. Yogyakarta. Program P.S UGM Yogyakarta.

Fransiska, E., Fauziah, A. dkk 2015. Pengaruh Model Reciprocal Teaching terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika. Artikel skripsi STKIP-PGRI Lubuklinggau.

Hambly, K. 1995. Bagaimana Meningkatkan Rasa Percaya Diri. Raja         Grafindo Persada, Jakarta.

Hudojo, & Herman. 2003. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: JICA-Universitas Negeri Malang.

Hodiyanto. 2017. Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal AdMathEdu | Vol.7 No.1ISSN: 2088-687X. Hal 10

Karunia, E.L. (Ed.). 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Laksinta, E.2016. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dan Rasa Percaya Diri Siswa pada Pembelajaran Geometri Model Van Hiele.Skripsi. Tidak dipublikasi.UNNES Semarang.

Marlina, Ikhsan, M., & Yusrizal.2014. Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Self-Efficacy Siswa SMP dengan Menggunakan Pendekatan Diskursif. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1): 35 – 45.   

N.A. Zavy, Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas Unggulan dan Siswa Kelas Reguler. Ramelan, Purnama. 2012. Kemampuan Komunikasi Matematis dengan Pembelajaran Interaktif. Vol. 1 No. 1 (2012) : Jurnal Pendidikan Matematika, Part 2: Hal. 77-82.

National Council of Teachers of Mathematics. 1989.Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics. Reston, Virginia: NCTM.

National Council of Teachers of Mathematics. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. NCTM: Reston VA.

Prayitno, S., Suwarsono & Siswono, T.Y. 2013. Identifikasi Indikator Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matemtika Berjenjang pada Tiap-Tiap Jenjangnya. Konferensi Nasional Pendidikan Matematika V. Universitas Negeri Malang Tanggal 27-30 Juni 2013.  

Rachmayani, D. 2014. Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Unsika ISSN 2338-2996

Shadiq, F.2004. Pemecahan Masalah, Penalaran, Komunikasi. Makalah disajikan pada Diklat Instruktur/Pengembang Matematika SMA Jenjang Dasar, Pusat Pengembangan Penataran Guru Matematika, Yogyakarta, 6-19 Agustus 2004.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2016. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sumarmo, U & Hendriana, H. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Sumarmo, U. (2005). Pengembangan Berfikir Matematik Tingkat Tinggi Siswa SLTP dan SMU Serta Mahasiswa Strata Satu (S1) Melalui Berbagai Pendekatan Pembelajaran. Laporan Penelitian (Hibah Pascasarjana). Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

Tandiling, E. 2012. Pengembangan Instrumen untuk Mengukur  Kemampuan Komunikasi Matematik, Pemahaman Matematik, dan Self Regulated Learning Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1): 24–35.

Van de Walle, John A. 2008. Matematika Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: Erlangga.

Wahyuni, E. 2015. Hubungan Self-Effecacy dan Keterampilan Komunikasdengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum. Jurnal Komunikasi Islam, vol. 5 no. 1, hal. 51-82

Within. (1992). Mathematics Task Centre; Proffesional Development and Problem Solving. In J Wakefield and L. Velardi (Ed). Celebrating Mathematics Learning. Melbourne: The Mathematical Association of Victoria.


PUBLISHED

2019-02-17

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 03 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade