IDENTIFIKASI BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV) KELAS X SMA NEGERI 3 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

FITRIA GALUH WILUJENG
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.05.0047

Abstract

ABSTRAK

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang pesat menyebabkan banyak perubahan diberbagai bidang, tidak terkecuali dunia pendidikan. Menghadapi tuntutan perubahan tersebut pemerintah Indonesia mengembangkan kurikulum 2013 yang menuntut siswa untuk mengembangkan berpikir kritis dalam memecahkan masalah. Dengan berpikir kritis siswa dapat memecahkan masalah, serta pertimbangan dalam mengambil tindakan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) Berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah matematika tinggi materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) kelas X SMA. (2) Berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah matematika sedang materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) kelas X SMA. (3) Berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah matematika rendah materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) kelas X SMA.

Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah 3 siswa kelas X-MIPA 1 SMAN 3 Kediri tahun pelajaran 2017/2018. Instrumen yang digunakan adalah tes pemecahan masalah matematika, tes berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah matematika dan pedoman wawancara.

Hasil identifikasi terhadap pekerjaan dan wawancara dalam menyelesaikan tes berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah matematika yaitu: (1) Identifikasi berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah matematika tinggi : subjek dengan kategori pemecahan masalah matematika tinggi dalam menyelesaikan tes berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah matematika, secara keseluruhan telah memenuhi kedelapan indikator berpikir kritis yang disesuaikan dengan langkah pemecahan masalah matematika polya. (2) Identifikasi berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah matematika sedang : subjek dengan kategori pemecahan masalah matematika sedang dalam menyelesaikan tes berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah matematika, secara keseluruhan telah memenuhi ketujuh indikator berpikir kritis yang disesuaikan dengan langkah pemecahan masalah matematika polya. (3) Identifikasi berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah matematika rendah : subjek dengan kategori pemecahan masalah matematika rendah dalam menyelesaikan tes berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah matematika, secara keseluruhan hanya dapat memenuhi dua indikator berpikir kritis yang disesuaikan dengan langkah pemecahan masalah matematika polya.

 

Kata Kunci : Berpikir kritis siswa, pemecahan masalah matematika.        


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Ahmadi, Yusuf. 2016. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa pada Materi Segitiga. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

 

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

 

Harlinda. 2014. Analisis Berpikir Kritis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Polya pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat, Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. UNS.

 

Kartinah. 2013. Penjenjangan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Fpmipa Ikip Pgri Semarang dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Nasional “MATEMATIKA, Jurnal Matematika atau Pembelajaran”. IKIP PGRI Semarang.

 

Kusumawardani, Linda. 2015. Identifikasi Berpikir Kritis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Pokok Bahasan Segitiga Kelas VII-E SMP Negeri 1 Jember. Universitas Negeri Jember.

 

Sitohang, Kasdin. 2012. Critical Thinking. Jakarta : Bumi Aksara.

 

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.


PUBLISHED

2018-08-20

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 08 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI