Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa


Author (Penulis)

NUR EVILIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.05.0044

Abstract

Abstrak

 

Penggunaan model pembelajaran yang tidak sesuai mengakibatkan rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis siswa adalah model pembelajaran kooperatif tipe think talk write (TTW) oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think talk write (TTW) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Kediri. Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas VII. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII-K.penelitian ini menggunakan metode pra-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Soal yang diberikan berupa essay terdiri dari 5 soal yang memuat indikator kemampuan komunikasi matematis siswa yang telah diuji cobakan terlebih dahulu dengan validasi dan reliabilitas. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Uji Paired Sample t-test. Sehingga dari analisis dapat diperoleh bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TTW terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII pada materi penyajian data dari nilai signifikasi = 0,000.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TTW, Kemampuan Komunikasi Matematis


Keyword

a

Reference

Ansari, Bansu I. 2016. Komunikasi Matematik Strategi Berpikir dan Manajemen Belajar. Banda Aceh : PeNA

Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.


PUBLISHED

2018-08-15

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 10 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI