Abstrak
Penggunaan model pembelajaran yang tidak sesuai mengakibatkan rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis siswa adalah model pembelajaran kooperatif tipe think talk write (TTW) oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think talk write (TTW) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Kediri. Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas VII. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII-K.penelitian ini menggunakan metode pra-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Soal yang diberikan berupa essay terdiri dari 5 soal yang memuat indikator kemampuan komunikasi matematis siswa yang telah diuji cobakan terlebih dahulu dengan validasi dan reliabilitas. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Uji Paired Sample t-test. Sehingga dari analisis dapat diperoleh bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TTW terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII pada materi penyajian data dari nilai signifikasi = 0,000.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TTW, Kemampuan Komunikasi Matematis
Ansari, Bansu I. 2016. Komunikasi Matematik Strategi Berpikir dan Manajemen Belajar. Banda Aceh : PeNA
Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.