PROFIL KESALAHAN KONSEP DAN KECERDASAN VISUAL-SPASIAL PADA BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI HASIL BELAJAR


Author (Penulis)

ARISTA DWI LESTARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.05.0042

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa dalam memecahkan masalah materi bangun ruang sisi datar masih ditemukan banyak siswa mengalami kesulitan Kemampuan dalam memecahkan masalah bangun ruang juga erat kaitannya dengan kecerdasan visual spasial yang dimiliki siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil kesalahan konsep dan kecerdasan visual-spasial siswa pada bangun ruang sisi datar ditinjau dari hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VIII-A MTs Negeri 3 Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018. Subjek terpilih 6 siswa yang mempunyai kesalahan paling banyak dalam setiap kategori kelompok. Penelitian ini menggunakan instrument tes soal dan pedoman wawancara. Berikut hasil  penelitian yang sudah dilaksanakan (1) Subjek dengan hasil belajar kategori tinggi S1 mampu memenuhi 2 dari 4 karakteristik kecerdasan visual-spasial dan S2 mampu memenuhi 3 dari 4 karakteristik, namun masih ada kesalahan pada saat mengerjakan soal tes. Kesalahan S1 dan S2 adalah kesalahan menerjemahkan soal cerita ke dalam bentuk matematis, kesalahan mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang dan kesalahan menentukan pola penyelesaian masalah; (2) Subjek dengan hasil belajar kategori sedang S3 mampu memenuhi 1 dari 4 karakteristik kecerdasan visual spasial dan S4 mampu memenuhi 3 dari 4 karakteristik, namun  masih ada kesalahan pada saat mengerjakan soal tes. Kesalahan S3 dan S4 adalah kesalahan menghubungkan data dengan konsep yang dimiliki; kesalahan menerjemahkan soal cerita ke dalam bentuk matematis; kesalahan mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang, kesalahan dalam menegaskan konsep volume dan luas permukaan; dan kesalahan menentukan pola penyelesaian masalah; (3) Subjek dengan hasil belajar kategori rendah S5 dan S6 memenuhi 0 dari 4 karakteristik kecerdasan visual spasial. Kesalahan S5 dan S6 adalah kesalahan dalam menggambarkan bentuk bangun ruang sesuai dengan konsep, kesalahan menghubungkan data dengan konsep yang dimiliki, kesalahan menerjemahkan soal cerita ke dalam bentuk matematis, kesalahan mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang, kesalahan menegaskan konsep volume dan luas permukaan bangun ruang, dan kesalahan saat menentukan pola penyelesaian masalah.

KATA KUNCI  : kesalahan konsep, kecerdasan visual-spasial, bangun ruang sisi datar


Keyword

a

Reference

Ainiyah, Lutfia Afifatul. 2015. Identifikasi Miskonsepsi Siswa Dalam Materi Geometri Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Punggelan (Online). Diunduh 1 Mei 2017

Laeli, Hidayatul. 2017. Deskripsi Kesalahan Siswa Kelas VII SMP N 3 Kebasen dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bilangan Bulat. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Librianti, Vinny Dwi. 2015. Kecerdasan Visual Spasial dan Logis Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 10 Jember (Online). Diunduh 1 Mei 2017

Suparno, Paul. 2008. Teori Inteligensi Ganda dan Aplikasinya di Sekolah. Yogyakarta: Kanisius

Walle, John A Van de. 2007b.  Matematika Sekolah Dasar dan Menengah Jilid 2. Terjemahan Suyono. 2008. Jakarta: Erlangga


PUBLISHED

2018-08-16

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 11 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI