IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TREFFINGER PADA MATERI TRIGONOMETRI DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA


Author (Penulis)

ANGGA AGUSTINA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.05.0039

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatar belakangi hasil wawancara terhadap guru pelajaran matematika kelas X IPS bahwa proses pembelajaran matematika masih didominasi oleh peran guru, siswa hanya mencatat dan menyalin materi serta soal yang diberikan oleh guru. Pertanyaan dari siswa jarang muncul sehingga pembelajaran matematika kurang komunikatif, sehingga kemampuan berpikir kreatif siswanya rendah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui implementasi model pembelajaran kooperatif Treffinger pada materi trigonometri ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif siswa (2) Mengetahui bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif Treffinger pada materi trigonometri terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Kediri tahun ajaran 2017/2018. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian kelas X IPS 1 sebagai kelas kontrol dan X IPS 2 sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data  menggunakan metode wawancara, observasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dilanjutkan uji Independent Sampel t Test.

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Bedasarkan hasil analisis deskriptif diketahui implementasi model pembelajaran kooperatif Treffinger pada materi trigonometri ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif siswa dapat berlangsung secara efektif, yaitu dilihat dari aktivitas guru yang termasuk dalam kategori baik dengan persentase sebesar 70%, aktivitas siswa termasuk dalam kategori baik dengan persentase sebesar 71,9%, dan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dalam kategori baik dengan rata-rata hasil belajar sebesar 78,39. (2) Berdasarkan hasil analisis uji t diketahui sig. (2-tailed) 0,001 < 0,05, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif Treffinger pada materi trigonometri terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa.

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatar belakangi hasil wawancara terhadap guru pelajaran matematika kelas X IPS bahwa proses pembelajaran matematika masih didominasi oleh peran guru, siswa hanya mencatat dan menyalin materi serta soal yang diberikan oleh guru. Pertanyaan dari siswa jarang muncul sehingga pembelajaran matematika kurang komunikatif, sehingga kemampuan berpikir kreatif siswanya rendah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui implementasi model pembelajaran kooperatif Treffinger pada materi trigonometri ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif siswa (2) Mengetahui bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif Treffinger pada materi trigonometri terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Kediri tahun ajaran 2017/2018. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian kelas X IPS 1 sebagai kelas kontrol dan X IPS 2 sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data  menggunakan metode wawancara, observasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dilanjutkan uji Independent Sampel t Test.

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Bedasarkan hasil analisis deskriptif diketahui implementasi model pembelajaran kooperatif Treffinger pada materi trigonometri ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif siswa dapat berlangsung secara efektif, yaitu dilihat dari aktivitas guru yang termasuk dalam kategori baik dengan persentase sebesar 70%, aktivitas siswa termasuk dalam kategori baik dengan persentase sebesar 71,9%, dan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dalam kategori baik dengan rata-rata hasil belajar sebesar 78,39. (2) Berdasarkan hasil analisis uji t diketahui sig. (2-tailed) 0,001 < 0,05, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif Treffinger pada materi trigonometri terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa.


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Ahmadi, A. 2009. Psikologi Umum. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Aqib, Z & Ali M. 2016. Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bandung : PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Lestari, Karunia Eka dan M. Ridwan Y. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT Refika Aditama.

Moma, L. 2015. Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis untuk Siswa SMP. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4 (1) : 27-41.

Sari, Yuli I., dan Dwi F.P. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang. Jurnal Pendidikan Geografi, 20 (2) : 30-38.

Siswono, Tatag Yuli E. 2009. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. tersedia :

https://suaraguru.wordpress.com/2009/02/23/meningkatkan-kemampuan-           berpikir-kreatif-siswa/, diunduh 26 Desember 2017.

Suhaya. 2016. Pendidikan Seni Sebagai Penunjang Kreativitas. Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni, 1 (1) : 1-15.

Sugiyono. 2016a. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.


PUBLISHED

2018-08-15

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 10 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI