MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP KELAS VIII MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR


Author (Penulis)

KARTIKA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.05.0037

Abstract

ABSTRAK
penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran 
matematika disekolah masih didominasi pada penggunaan model pembelajaran yang berpusat pada 
guru dan siswa hanya memperoleh materi yang telah disampaikan oleh guru. Akibatnya suasana kelas 
menjadi monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut dapat dilihat dari motivasi belajar siswa yang 
rendah dan pada akhirnya hasil belajar siswa pun menjadi rendah. Sehingga tujuan dari penelitian ini 
untuk mengetahui (1) Adakah peningkatan hasil belajar siswa SMP dengan motivasi belajar rendah 
pada materi bangun ruang sisi datar sesudah diberikan model pembelajaran kooperatif tipe Group 
Investigation? (2) Adakah peningkatan hasil belajar siswa SMP dengan motivasi belajar sedang pada 
materi bangun ruang sisi datar sesudah diberikan model pembelajaran kooperatif tipe Group 
Investigation? (3) Adakah peningkatan hasil belajar siswa SMP dengan motivasi belajar tinggi pada 
materi bangun ruang sisi datar sesudah diberikan model pembelajaran kooperatif tipe Group 
Investigation? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan termasuk dalam 
penelitian Pra-Eksperimen, dengan desain penelitian One Group Pretest-Postest. Penelitian ini 
dilakanakan di SMP Negeri 3 Kertosono, dengan populasi seluruh siswa kelas VIII. Dan sampel yang 
digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-I yang berjumlah 30 siswa. Uji hipotesis dalam 
penelitian ini menggunakan Uji Paired sample t-test. Sehingga dari analisis data, diperoleh bahwa, (1) 
Ada peningkatan hasil belajar siswa SMP dengan motivasi belajar rendah pada materi bangun ruang 
sisi datar sesudah diberikan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Dapat dilihat 
dari . (2) Ada peningkatan hasil belajar siswa SMP dengan motivasi belajar 
sedang pada materi bangun ruang sisi datar sesudah diberikan model pembelajaran kooperatif tipe 
Group Investigation. Dapat dilihat dari . (3) Ada peningkatan hasil belajar 
siswa SMP dengan motivasi belajar tinggi pada materi bangun ruang sisi datar sesudah diberikan 
model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Dapat dilihat dari nilai signifikan = 0.048.


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA
[1] Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-
dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: 
Rineka Cipta
[2] Depdiknas. 2006. Peraturan 
Menteri Pendidikan Nasional 
Republik Indonesia, Nomor 23 
Tahun 2006, Tentang Standar 
Kompetensi Lulusan untuk Satuan 
Pendidikan Dasar dan Menengah. 
Jakarta: Depdiknas
[3] Dimyati dan Mudjiono. 2010. 
Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: 
Rineka Cipta
[4] Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 
2017. Ragam Pengembangan 
Model Pembelajaran Untuk 
Peningkatan Profesionalitas Guru. 
Bandung: Kata Pena
[5] Nashar, M. 2004. Peranan 
Motivasi & Kemampuan Awal. 
Jakarta: Delia Press
[6] Suwaji, Untung Trisna. 2008. 
Permasalahan Pembelajaran 
Geometri Ruang SMP dan 
Alternatif Pemecahannya. 
Jogjakarta: Pusat Pengembangan 
dan Pemberdayaan Pendidik dan 
Tenaga Kependidikan Matematika


PUBLISHED

2018-08-13

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 09 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI