ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS INKLUSI PADA MATERI HIMPUNAN


Author (Penulis)

VIVI KUSUMA NINGRUM
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.05.0033

Abstract

ABSTRAK

 

Koneksi matematis merupakan kemampuan siswa dalam berpikir dan bernalar untuk mencari suatu hubungan antara konsep dan prosedur matematika. Hal tersebut sangat dibutuhkan dalam kelas inklusi, dimana kemampuan siswanya tergolong heterogen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa kelas inklusi dengan kemampuan high leaner, middle leaner dan slow leaner pada materi himpunan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif diskriptif dengan subjek penelitian siswa kelas VII inklusi SMP YBPK Kediri. Sebanyak 15 siswa dengan kondisi 10 siswa dengan kemapuan normal dan 5 siswa berkebutuhan khuhus yang kemudian dipilih 3 subjek berdasarkan tes matematika umum dan pertimbangan dari guru. Dari hasil tersebut terpilih 3 siswa dengan masing-masing berkemampuan matematika high leaner, middle leaner dan slow leaner. Ketiga subjek tersebut diberi tes kemampuan koneksi matematis dengan indikator 1) Mampu menterjemahkan isi soal ke bentuk model matematika 2) Mengilustrasikan masalah sesuai bahasanya sendiri dalam verbal dan gambar 3) Mampu menuliskan konsep matematika yang mendasari jawaban. Hasil analisis data menujukkan bahwa 1) siswa dengan kemampuan high leaner memenuhi semua indikator namun siswa sedikit susah menjelaskan secara lisan dan lebih mudah mengerjakan dengan ilustrasi gambar, 2) siswa dengan kemampuan midde leaner hanya memenuhi satu dari indikator, karena siswa masih kesulitas dalam mengilustrasikan dan menuliskan konsep yang mendasari jawaban 3) siswa dengan kemampuan slow leaner belum mampu memenuhi semua indikator koneksi matematis.

KATA KUNCI  : Kemampuan Koneksi Matematis, Kelas Inklusi


Keyword

a

Reference

Heward,   W.L.   (2003). Exceptional   Children   An   Introduction   to   Special Education. New Jersey: Merrill, Prentice Hall.

Mulyadi. 2010. Diagnosis Kesulitan Belajar Dan Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khusus. Yogyakarta: Nuha Litera

NCTM. 2000. Curriculum and Evaluation Standarts for School Mathematics.United States of America: The National Council of Teacher of Mathematics, Inc.http://www.nctm.org/standarts/content.aspxid=26862 diunduh pada 10 April 2017

Santia dan Kusuma. 2017. The Mathematical Connections Of Slow Learner Student: A Case Study In Inclusion Class YBPK, Kediri.Journal Pancaran Jember Volume 6, Nomor 4,2017

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional


PUBLISHED

2018-08-14

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 10 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI