KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING DENGAN ALAT PERAGA BALOK JUMLAH DERET ARITMATIKA SISWA KELAS XI MA SUNAN KALIJAGA


Author (Penulis)

ASRI FEBRI DWI KUSDIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.05.0032

Abstract

ABSTRAK

            Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pentingnya pemahaman konsep dalam mencapai tujuan pembelajaran matematika. Lemahnya pemahaman konseptual siswa dilihat dari siswa yang hanya mampu menghafal dan mengingat rumus dan proses terlibat tanpa memahami konsep – konsep matematika.

Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran brain based learning dengan alat peraga “balok jumlah deret aritmatika” kelas XI MA Sunan Kalijaga? (2)  Bagaimana kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas XI MA Sunan Kalijaga dalam pembelajaran brain based learning dengan alat peraga “balok jumlah deret aritmatika”?

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus dengan subjek penelitian siswa kelas XI MA Sunan Kalijaga dengan diambil subyek kemampuan tinggi, sedang, dan rendah melalui tes kemampuan matematika. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran brain based learning, menggunakan instrumen berupa RPP, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru, wawancara, dan lembar tes.

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1)  melalui penerapan model pembelajaran brain based learning menggunakan alat peraga balok jumlah deret aritmatika terlaksana dengan baik dan menemukan langkah-langkah yang efektif untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika siswa (2) melalui model pembelajaran brain based learning menggunakan alat peraga balok jumlah deret aritmatika,  kemampuan pemahaman konsep matematika pada siswa bekemampuan rendah belum terpenuhi semua indikator dan siswa yang berkemampuan sedang dan tinggi sudah terpenuhi semua indikator.

Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) tujuan pokok penggunaan pembelajaran brain based  learning menggunakan alat peraga balok jumlah deret aritmatika adalah untuk mengembangkan pembelajaran yang berbasis kemampuan otak dengan memanfaatkan media. (2) guru masih perlu meneliti terus menerus, untuk membuktikan apakah pembelajaran brain based learning sesuai dengan seluruh karakteristik materi dan karakteristik siswa.

KATA KUNCI  : Kemampuan pemahaman konsep,Pembelajaran brain based learning, Balok jumlah deret aritmatika

 


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Basrowi & Suwardi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

 

Chamidiyah. 2015. Pembelajaran Melalui Brain Based Learning dalam Pendidikan Anak Usia Dini. (Online), tersedia:  http://eprints.uns.ac.id, diunduh 28 Juni 2018.

 

Fiantika, Budayasa, FR, IK & Lukito, A. 2018. What is Abstraction and Distortion Process. Journal of physics: conference series. (Online), tersedia: http://lopscience.iop.org, diunduh 10 Juli 2018.

 

Hendriana, Rohaeti, & Sumarno. 2017. Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.

 

Jensen, Eric. 2008. Pembelajaran Berbasis Kemampuan Otak: Cara Baru dalam Pengajaran dan Pelatihan. Yogyakarta: PustakaPelajar.

 

Khamidah, L, Fiantika, FR & Tyaningsih, RY. 2017. Pemahaman Konseptual dan Pengetahuan Prosedural Siswa Kelas VIII dalam Penyelesaian Masalah Matematika Pada Materi SPLDV di SMPN 7 Kediri. Jurnal Pendidikan Matematika, (Online), tersedia: http://scolar.google.co.id, di unduh 9 Juli 2018.

 

Sundayana, Rostina. 2014. Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

 

 


PUBLISHED

2018-08-14

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 09 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI