Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa tunagrahita pada materi operasi bilangan. Dimana kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dapat dilihat dari cara siswa memahami dan meyelesaikan masalah. Dalam matematika berhasil atau tidaknya seseorang dalam matematika ditandai dengan adanya kemampuan dalam menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa tunagrahita pada materi operasi bilangan. Pendekatan yang digunakan adalah pendakatan kualitatif dengan subjek penelitian kelas VIII siswa SLB-C Putra Asih Kediri dan SLB-C1 Putra Asih Kediri. Pengambilan data dilakukan dengan cara memberikan tes tulis kemampuan pemecahan masalah matematika serta melakukan wawancara berdasarkan hasil tes yang dilakukan oleh kedua subjek. Adapun indikator pemecahan masalah yaitu (1) memahami masalah, (2) merencanakan penyelesaian, (3) menyelesaikan masalah, dan (4) memeriksa kembali. Kesimpulan dari hasil penelitian ini (1) Subjek STR merupakan siswa yang termasuk tunagrahita kategori ringan mampu memenuhi indikator pemecahan masalah apabila soal yang dihadapkan berupa soal singkat bukan berupa soal cerita. (2) Subjek STS merupakan siswa yang termasuk kategori sedang belum mampu memenuhi semua indikator dikarenakan kemampuan belum mampu memahami soal yang diberikan. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa tunagrahita ringan SLB-C Putra Asih Kediri lebih mampu memecahkan masalah dari pada siswa tunagrahita sedang SLB-C1 Putra Asih Kediri.
Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Tunagrahita, Operasi Bilangan
daftar pustaka
Anisa, W. N. 2014. “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematika Melalui Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik untuk Siswa SMP Negeri Di Kabupaten Garut”. Jurnal Pendidikan dan Keguruan. Vol: 1 No: 1 2014. Online,tersedia:http://jurnal.ut.edufileanisa.pdf.Diakses tanggal 15 April 2018-11.48
Arikunto. S.2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, S dan Jabar, A. Safruddin (2014). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara
Dahar, R.W.1989. Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga
Herman Hudojo. 1988. Mengajar belajar Matematika. Jakarta: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Dirjendikti
Ibrahim & Suparni. 2013. Pembelajaran Matematika Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: SUKA-Press. Online, Tersedia:
http://ojs.umrah.ac.id/index.php/gantang/index. Diakses Tanggal 05 Mei 2018
Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta : UIP
Moleong, Lexy J.2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT remaja Rosdakarya
NCTM. 2000. Curriculum and Evaluation Standart for School Mathematics. United Stated of America: The National Council of Teacher of Mathematics,Inc. Online, tersediahttp://www.nctm.org/standarts/content.aspxid=26862.Diakses pada tanggal 10 April 2018
NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. USA: The Natioanal Council of Teacher Mathematics inc
Somantri, S. 2007. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Refika Aditama
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suherman, E. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
Suherman, Erman, dkk.2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, rev,ed. Bandung: JICA
Sumarmo. 2006. Pebelajaran Ketrampilan Membaca Matematika pada Siswa Sekolah Menengah. Bandung. FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia
Depdiknas, 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan Nasioal
Saad, N.S. & hani, S.A. 2008. Teaching Mathematics In Secondary Schools: Theoris And Practices, Perak : Univesitas Pendidikan Sultan Idris. [Online]. http://core.uc.uk/download/pdf/12351353.pdf. Diakses pada tanggal 09 Desember 2018
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional