PROFIL KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KECERDASAN INTERPERSONAL PADA MATERI PROGRAM LINEAR


Author (Penulis)

DEWI WULANDARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.05.0028

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) profil kemampuan koneksi matematis siswa SMA yang memiliki kecerdasan interpersonal tinggi dalam menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah matematika dan (2) profil kemampuan koneksi matematis siswa SMA yang memiliki kecerdasan interpersonal rendah dalam menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah matematika. Subjek penelitian adalah dua siswa kelas XI MIPA 3 di SMA Negeri 5 Kediri tahun pelajaran 2017/2018. Pemilihan subjek penelitian berdasarkan hasil angket kecerdasan interpersonal yang telah diberikan kepada siswa dalam satu kelas dan dalam setiap kategori kecerdasan interpersonal siswa tersebut dipilih berdasarkan rekomendasi dari guru mata pelajaran matematika yang mengampu di kelas tersebut yang dipertimbangkan akan memberikan data yang diperlukan. Pengumpulan data melalui tes kemampuan koneksi matematis berupa soal pemecahan masalah program linear dan wawancara semi terstruktur. Peneliti memberikan tes kemampuan koneksi matematis dan wawancara pada kedua subjek penelitian. Wawancara tersebut direkam kemudian hasilnya ditranskripkan dan dikodekan. Untuk memperoleh data yang valid, data yang diperoleh ditriangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan koneksi matematis siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal tinggi dalam memecahkan masalah matematika yaitu dapat memenuhi semua indikator koneksi matematis sebagai berikut: (1) Dalam memahami masalah dengan mengidentifikasi fakta, konsep, prinsip matematika dari konteks diluar matematika. (2) Membuat perencanaan penyelesaian masalah matematika yaitu dengan menemukan keterkaitan antar prinsip matematika satu dengan yang lainnya untuk menyelesaikan masalah. (3) Menjalankan rencana penyelesaian masalah matematika menggunakan hubungan antara fakta dan prinsip matematika pada masalah yang akan diselesaikan. (4) Memeriksa kembali jawaban menggunakan keterkaitan konsep dengan prosedur dan operasi hitung untuk menyelesaikan masalah di luar matematika. Sedangkan subjek dengan kecerdasan interpersonal rendah tidak dapat memenuhi semua indikator kemampuan koneksi matematis yaitu: (1) Kurang memahami soal. (2) Menemukan dan menggunakan keterkaitan antara fakta dan prinsip matematika yang telah dipahami namun kurang lengkap. (3) Tidak menggunakan hubungan beberapa prinsip matematika untuk mendapatkan prinsip yang lain dalam menyelesaikan masalah nyata.

 

Kata Kunci: Kemampuan Koneksi Matematis, Pemecahan Masalah Matematika, Kecerdasan Interpersonal.


Keyword

a

Reference

Fuadah, Fakhriyatul. 2016. Profil Kemampuan Koneksi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Pembelajaran dengan Model AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Tesis, Pendidikan Matematika UIN Sunan Ampel Surabaya. (Online), tersedia: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/5076, diunduh 8 Juli 2017.

Gangadevi, Ravi. 2014. Multiple Intelligence Based Curriculum to Enhance Inclusive Education to Bring Out Human Potential. International Journal of Advanced Research, 2 (8): hlm. 619-626. (Online), tersedia: http://www.journalijar.com, diunduh 8 Juli 2017.

Hamlahindong, Andi. 2016. Profil Kemampuan Koneksi Matematika Siswa dalam Pemecahan Masalah Ditinjau dari Multiple–Intelegensi. Jurnal Ilmiah, hlm. 1-12. (Online), tersedia: http://eprints.unm.ac.id/2608/, diunduh 8 Juli 2017.

Jatmiko. 2014. Eksperimentasi Model Pembelajaran Think Pair Share dengan Modul (TPS-M) pada Materi program Linear Ditinjau dari Kecerdasan Interpersonal Siswa kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Kabupaten Nganjuk. Tesis. Tidak dipublikasikan. Surakarta: UNS.

Jihad, Asep. 2008. Pengembangan Kurikulum Matematika. Bandung: Multi Pressindo.

National Council of Teacher of Mathematics (NCTM). 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Washington D.C: National Academy Press.

Polya, George. 1973. How to Solve It- A New Aspect of Mathematical Method (Second  edition). New Jersey: Princeton University Press.

Priyono, Fikri. 2016. Profil Kemampuan Koneksi Matematika Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gender. Jurnal Pendidikan Matematika, 8 (3): hlm. 22-31. (Online), tersedia: http://jurnalmtk.stkip-garut.ac.id , diunduh 1 Juni 2017.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Yaummi, Muhammad. 2012. Pembelajaran Berbasis Multiple Inteligences. Jakarta: Dian Rakyat

 


PUBLISHED

2018-08-14

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 09 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI