PENGARUH GAYA BELAJAR DENGAN MODEL RECIPROCAL TEACHING MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DI SMPN 2 TANJUNGANOM


Author (Penulis)

NOVALIA NAWANGSARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.05.0027

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis siswa yang masih rendah dan kurangnya  memahami dan mengetahui gaya belajar yang dimiliki oleh siswa serta proses pembelajaran yang monoton sehingga guru kurang bervariasi dalam penggunaan model pembelajaran yang sesuai, sehingga permasalahan tersebut  yang menjadi bahan penelitian ini. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana gaya belajar siswa dengan model reciprocal teaching materi bangun ruang sisi datar terhadap kemampuan komunikasi matematis? (2) Adakah pengaruh gaya belajar siswa dengan model reciprocal teachingmateri bangun ruang sisi datar terhadap kemampuan komunikasi matematis?

         Penelitian Kuantitatif, metode ekperimental dengan desain Pre Experimental yang digunakan oleh peneliti yaitu The One-Group PretestPosttest Design. Subjek penelitian yaitu kelas VIII SMP Negeri 2 Tanjunganom dengan Sampling purposivedi ambillah sampel penelitian pada kelas VIII-6 dengan menggunakan instrumen angket gaya belajar, silabus, RPP, LKS, serta tes hasil kemampuan komunikasi matematis yang dibagi menjadi pre test dan post tes.

            Kesimpulan hasil penelitian ini yaitu (1) Skor total yang diperoleh oleh siswa dalam pengisian angket gaya belajar dalam katagori tinggi dengan presentase 75% dari 32 siswa, sehingga siswa yang termasuk dalam katagori tinggi sebanyak 24 siswa. Dan dapat disimpulkan bahwa banyak siswa  sebanyak 24 yang termasuk dalam katagori tinggi dan sisanya dalam katagori sedang atau rendah, maka dapat disimpulkan berdasarkan banyaknya siswa gaya belajar dengan model reciprocal teaching materi bangun ruang sisi datar terhadap kemampuan komunikasi matematis tinggi. (2) Hasil uji paired samples T-Test berbantu SPSS 21 For Windows dengan taraf signifikan α = 0,05 dengan Sig. (2-Tailed) sebesar 0,000. Berdasarka ketentuan bahwa Sig. (2-Tailed) sebesar 0,000 ≤α = 0,05 maka berdasarkan kreteria keputusan jika α = 0,05  sig, maka Ho  ditolak. Sehingga karena Ho ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh gaya belajar dengan model reciprocal teaching terhadap kemampuan komunikasi matematis.

 

Kata kunci: Gaya Belajar, Reciprocal Teaching, dan Kemampuan Komunikasi Matematis


Keyword

a

Reference

Husna, dkk. 2013. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (Tps). Jurnal Peluang, (online) 1(2), : 81-92, tersedia : http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/peluang/article/view/1061, di unduh 20 Mei pukul 15.30.

Lestari, K.E. dan Mokhammad, R.M. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT.Refika aditama.

Danaryanti, Agni dan Herlina Noviani. 2015. Pengaruh Gaya Belajar Matematika Siswa Kelas VII Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2) diterbitkan : http://download.portalgaruda.org>article>title, diunduh 25 Mei 2018 pukul 20.00 WIB.

Ghufron, M.Nur. dan Risnawati, Rini. 2012. Gaya Belajar Kajian Teoritik. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Noorliani, dkk. 2012. Pengaruh Model Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (1). Tersedia : http://download.portalgaruda.org>article>title, diunduh 22 Mei 2018 pukul 10.00 WIB.

Noriasih, Ni Ketut. 2015. Pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap pemahaman bacaan ditinjau dari konsep diri akademik siswa. Tersedia: http://download.portalgaruda.org>article>title, di unduh 22 Mei 2018 pukul 12.00 WIB.


PUBLISHED

2018-08-21

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 11 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI