PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS X PADA MATERI MATRIKS


Author (Penulis)

NANA MARGIYANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.05.0022

Abstract

Abstrak

 

Kurangnya kemampuan komunikasi matematis siswa menjadi latar belakang peneliti dalam melaksanakan penelitian, selain itu penggunaan model pembelajaran yang digunakan guru  bahwa pembelajaran masih didominasi oleh model pembelajaran yang kurang menarik, pasif, membosankan dan siswa tidak dapat mengembangkan kemampuan komunikasi matematis siswa secara maksimal. Hal tersebut nampak dari tes kemampuan komunikasi matematis siswa, yang pada akhirnya hasil tes kemampuan komunikasi matematis siswa yang rendah. Adapun tujuan pada penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay,  (2) Untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe course review horay berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X pada materi matriks. Desain penelitian ini menggunakan menggunakan one group pretest posttest design. Metode pengumpulan data adalah metode tes dengan subyek penelitian siswa kelas X SMK Pemuda Papar Kediri. Dengan demikian penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Instrumen pada penelitian ini menggunakan RPP, silabus, soal pretest kemampuan komunikasi matematis dan soal posttest kemampuan komunikasi matematis. Berdasarkan hipotesis maka digunakan uji satu sampel (uji pihak kiri) untuk hipotesis pertama dan uji t berpasangan (paired samples test) untuk hipotesis yang kedua. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Melalui uji t satu sampel (uji pihak kiri) dapat ditemukan kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay sedang. Dapat dilihat dari nilai signifikan = 0,000 sehingga p-value = 0 dengan α = 0,025; (2) Melalui uji t berpasangan (paired samples test) terbukti bahwa model pembelajaran kooperatif tipe course review horay berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X pada materi matriks. Dapat dilihat dari nilai signifikan = 0,000 dengan α = 0,05. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan tujuan pokok penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay adalah untuk mengembangkan kemampuan kerjasama dan kemampuan komunikasi matematis siswa, oleh karena itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus menggunakan proses yang mendukung terciptanya suasana kerja kelompok.

 

Kata Kunci: Kooperatif, Course Review Horay, Kemampuan Komunikasi matematis, Matriks


Keyword

a

Reference

Arend, Richard. I. 2008. LEARNING TO TEACH. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Lestari, K.E. dan Mokhammad, R.M. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Mahanani, E. P , Suhito, Mashuri. 2013. Keefektifan Model Course Review Horay Berbantuan Power Point Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education, UJME 2 (3), 7 halaman. Tersedia: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme/article/view/3362 (Diakses 25 Desember 2017)

Majid dan Chaerul. 2015. Pendekatan Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung:Remaja Posdakarya.

Prayitno, S., Suwarsono, dan Tatag, Y.E.S. 2013. Identifikasi Indikator Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berjenjang Pada Tiap-Tiap Jenjangnya. KNPM V, Himpunan Matematika Indonesia, 6 halaman. Tersedia: https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=3&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwjEysCkhsrYAhVKI5QKHWITCGEQFgg_MAI&url=http%3A%2F%2Fjournal.unrika.ac.id%2Findex.php%2Fjurnalphythagoras%2Farticle%2Fdownload%2F564%2F427&usg=AOvVaw2Xa5u9etTFEz9-mRhWsjy7 (Diakses, 9 Januari 2018)

Ramdani, Y. 2012. Pengembangan Instrumen dan Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi, Penalaran, dan Koneksi Matematis Dalam Konsep Integral. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol 13 (1), 9 halaman. Tersedia: Y Ramdani - Jurnal Penelitian Pendidikan, 2012 - jurnal.upi.edu  (diakses, 25 November 2017)

Ramellan, P, Dkk. 2012. Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pembelajaran Interaktif. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 1 (1), 6 halaman. Tersedia: https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=3&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwiozdic9NnXAhXHsY8KHZLKBu0QFgg-MAI&url=http%3A%2F%2Fejournal.unp.ac.id%2Fstudents%2Findex.php%2Fpmat%2Farticle%2Fdownload%2F1175%2F867&usg=AOvVaw0wgzq0hHpc-hD0hmnZ5LEW (Diakses 25 November 2017)


PUBLISHED

2018-08-14

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 09 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI