PROFIL BERPIKIR LOGIS SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI LOGIKA


Author (Penulis)

BAGUS HARIYADI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.05.0020

Abstract

Bagus Hariyadi: PROFIL BERPIKIR LOGIS SISWA KELAS X DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI LOGIKA
Pendidikan Matematika, FKIP UN PGRI Kediri, 2019.
Kata kunci: Pemecahan masalah, berpikir logis
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti saat melaksanakan PPL disekolah, siswa masih terkendala dalam pemecahan masalah. Ada juga beberapa siswa yang tidak mau berfikir panjang seketika mencontek jawaban temanya.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan profil berpikir logis siswa kelas x dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari kemampuan matematis siswa pada materi logika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuaitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga siswa yang telah dikategorikan dalam siswa berkemampuan matematis sedang, tinggi dan rendah. Ketiga subjek tersebut kemudian diberikan tes pemecahan masalah dengan indikator, 1)memahami masalah, 2) merencanakan penyelesaian dan menyelesaikan masalalah sesuai rencana, 3) melakukan kembali pengecekan. Berdasarkan hasil penelitian subejek matematis sedang dapat memahami soal dengan baik mampu merencanakan penyelesaian tetapi masih ada kesalahan saat melakukan penyelesaian masalah sesuai rencana. Subjek dengan matematis tinggi dapat memahami soal, merencanakan penyelesaian dan melakukan penyelesaian sesuai rencana, serta melakukan pengecakan terhadap jawabanya. Siswa dengan matematis rendah kesulitan memahami soal, sedikit binggung dalam melakukan perencanaan penyelesaian dan melakukan penyelesaian sesuai rencana.

Kata kunci: Pemecahan masalah, berpikir logis


Keyword

Berpikir Logis, Pemecahan Masalah, Kemampuan Matematis

Reference

Andriawan , B. 2014 Identifikasi Kemampuan Berpikir Logis Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas Viii-1 Smp Negeri 2 Sidoarjo. Jurnal Mathedunesa, 3 (2).
Andriawan, B. &Budiarto, M.T.2014. Identifikasi Kemampuan Berpikir Logis Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas Viii-1 Smp Negeri 2 Sidoarjo. Jurnal Mathedunesa, 3 (2).
Anisa, N.W. 2014. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematik Melalui Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Untuk SiswaSMP Negeri Di Kabupaten Garut. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, (online), 1 (1), tersedia: witri_nuranisa@yahoo.com, dinduh 25 September 2017.
Aziz, A.F. 2015. Pemecahan Masalah Berdasarkan Proses Berfikir Van Hiele. Skripsi . Tidak di publikasikan. Kediri: SPS UNP Kediri.
Kertayasa, N. 2011. Logika, Riset, dan Kebenaran. Jurnal Sains dan Teknologi. 10 (3).
Kusmanto, H. 2014. Pengaruh Berpikir Kristis Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal EduMa, 3 (1): ISSN 2086 – 3918.
Ni’matus. 2011. Kemampuan Berpikir Logis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII-C SMP Negeri 12 Surabaya. Skripsi tidak dipublikasikan. Surabaya: Unesa.
Miles, M.B & Huberman, A.M, dan Saldana, J. 2014 Qualitative data analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publication Terjemahan Tjetjep Rohindi, UI-Press
Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Siswono, T.Y. 2008. Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Surabaya: Unesa University Press.
Solso, Robert L. Dkk. 2007. Psikologi Kognitif. Jakarta: Erlangga.

Syahbana, A. 2013. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematismahasiswa Melalui Penerapan Strategi Metakognitif. Jurnal Edumatica. 3 (2): 2088-2157.
Suprijanto, S., Murniati , Herynugroho, Marwanta, sajaka, K. A. & Soetiyono. 2009. Mathematics Forum: Mathematics for Senior High School Year X. Jakarta: Yudhistira.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tarhadi. Dkk. 2007. Penggunaan Tes Uraian Dibandingkan dengan Tes Pilihan Ganda Terstruktur.


PUBLISHED

2019-02-18

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 04 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade