PROSES PEMECAHAN MASALAH KONTEKSTUAL SISWA SMA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR BERDASARKAN LANGKAH POLYA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL


Author (Penulis)

ANDRI ASTUTIK
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.05.0019

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan hasil pengamatan, bahwa dalam pelajaran matematika khhususnya di SMA terdapat soal uraian yang membuat siswa harus menyelesaikannya dengan cara yang mereka ketahui. Namun, tetap ditemui penyelesaian beberapa siswa tidak sama dengan tahap penyelesaian yang diinginkan pengajar. Umumnya tahap penyelesaian yang digunakan pengajar yaitu milik Polya. Hal ini nampak mulai dari penulisan yang diketahui dan ditanyakan, rencana dan cara menyelesaikan, dan hasil yang perlu dicek ulang agar benar. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses pemecahan masalah kontekstual siswa SMA bergaya belajar visual berdasarkan langkah Polya materi sistem persamaan linear tiga vaiabel? (2) Bagaimana proses pemecahan masalah kontekstual siswa SMA bergaya belajar audiotori berdasarkan langkah Polya materi sistem persamaan linear tiga variabel? (3) Bagaimana proses pemecahan masalah kontekstual siswa SMA bergaya belajar kinestetik berdasarkan langkah Polya materi sistem persamaan linear tiga variabel?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif eksploratif dengan menggunakan instrumen kuisioner gaya belajar, tes tetulis dan wawancara yang valid dan reliabel.. Subjek penelitian siswa kelas XII-IPA 1 SMA Pawyatan Daha Kediri. Subjek diambil melalui kuisioner gaya belajar dengan memilih 1 siswa dengan skor tertinggi disetiap gaya belajar. Kemudian ketiga siswa tersebut diberi tes kemampuan pemecahan masalah kontekstual yang indikatornya sesuai langkah Polya. Data yang diperoleh akan dianalisis saja bukan dibandingkan antara gaya belajar. Data yang diperoleh diuji keabsahannya dengan menggunakan uji kredibilitas, uji dependabilitas, uji konfirmabilitas, dan uji transferabilitas dengan menggunakan triangulasi waktu Penelitian dilaksanakan dalam satu minggu, menggunakan instrumen berupa kuisioner gaya belajar, tes kemampuan pemecahan masalah, dan pedoman wawancara. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Proses pemecahan masalah kontekstual bergaya belajar visual memenuhi semua langkah Polya dari tes tulis yang didukung dengan hasil wawancara. (2) Proses pemecahan masalah kontekstual bergaya belajar audiotori memenuhi semua langkah Polya mulai dari tes tulis maupun hasil wawancara. (3) Proses pemecahan masalah kontekstual  bergaya belajar kinestetik memenuhi semua langkah Polya dari tes tulis kurang teliti namun paham yang didukung dengan hasil wawancara. 

KATA KUNCI  : masalah kontekstual, gaya belajar, Polya.

?????


Keyword

Pemecahan Masalah Kontekstual, Gaya Belajar, Polya

Reference

Ginnis, Paul. 2008. Trik & Taktik Mengajar Strategi Meningkatkan Pencapaian Pengajaran di Kelas. Jakarta: Indeks.

Hamdayama, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Jakarta: Ghalia Iindonesia.

Hidayat, K. N. & Fiantika, F. R. 2017. Analisis Proses Berfikir Spasial Siswa Pada Materi Geometri Ditinjau Dari Gaya Belajar. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islami, UIN Malang, 31 Juli 2017. Dalam FR Fiantika, (Online), tersedia: http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php.SIMANIS, diunduh 10 April 2018.

Lester, F. K. & Kroll, D. L. 1990. “Assessing Students Growth in Mathematical Problem Solving”, dalam Kuhn, G (Ed.) Assesing High Order Thinking in Mathematics. Washington: American Association for the Advancement of Science.

Polya, G. 1973. How to Solve It. A New Aspect of Mathematical Method (1st ed). New Jersey: Princeton University Press.

Polya, G. 1985. How to Solve It. A New Aspect of Mathematical Method (2nd ed). New Jersey: Princeton University Press.

Solso, Robert L. Dkk. 2007. Psikologi Kognitif. Jakarta: Erlangga


PUBLISHED

2019-02-15

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 03 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade