PENINGKATAN PEMAHAMAN RELASIONAL SISWA SMP PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR LIMAS DAN PRISMA TEGAK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING ( CPS )


Author (Penulis)

KIKI MEI SAROH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.05.0018

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi awal peneliti, bahwa rendahnya pemahaman relasional disebabkan oleh sebagian besar siswa masih belum memiliki pemahaman yang maksimal terhadap materi baru yang diberikan kepada mereka.Penelitian ini bertujuan untuk (1)Mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran Creative Problem Solving  ( CPS ) (2) Mengetahui ada tidaknya peningkatan pemahaman relasional  siswa SMP pada materi bangun ruang sisi datar limas dan prisma tegak  setelah diberikan model pembelajaran Creative Problem Solving ( CPS ).Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Kertosono tahun ajaran 2017/2018.Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian kelas VIII F. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dilanjutkan uji Paired Sample t  Test.

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1)Berdasarkan hasil analisis deskriptif diketahui bahwa prosentase aktivitas aktivitas guru pada masing-masing pertemuan menunjukkan kategori cukup dan sangat baik, terbukti dengan presentase aktivitas guru pada pertemuan IV dan V sebesar 75% dan 87,5%, sedangakan prosentase aktivitas siswa pada pertemuan IV diperoleh rata – rata prosentase aktivitas per subjek sebesar 70% dalam kategori cukup baik dan rata – rata prosentase aktivitas per aspek sebesar 70% dalam kategori cukup baik, serta pada pertemuan V diperoleh rata – rata prosentase aktivitas per subjek sebesar 83% dalam kategori baik dan rata – rata prosentase aktivitas per aspek sebesar 87% dalam kategori sangat baik (2)Berdasarkan hasil analisis dan uji hipotesis diperoleh hasil terdapat peningkatan pemahaman relasional siswa menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Limas dan Prisma Tegak kelas VIII SMP Negeri 3 Kertosono.Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan beberapa hal yaitu: (1) Bagi siswa, hendaknya ikut berperan aktif dalam mengembangkan kemampuan pemahaman relasionalnya ketika kegiatan pembelajaran di dalam kelas. (2) Bagi guru, peran guru sebagai motivator dan fasilitator lebih ditingkatkan agara siswa ikut aktif dalam pembelajaran matematika dikelas. (3) Bagi peneliti lain, agar peneliti atau calon peneliti dapat meneruskan atau mengembangkan penelitian ini untuk variabel-variabel lain yang sejenis atau model-model pembelajaran yang lebih inovatif sehingga dapat menambah wawasan dan pendidikan pada umumnya.


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Ischak, Rabbani. 2015. Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan Teknik Mind Map Terhadap Pemahaman Relasional Siswa. Disertasi. Tidak Dipublikasikan. Yogyakarta. UIN Sunan Kalijaga. Diakses 24 Juni 2017

Kamariah, Nur, dkk. 2013. Pemahaman Konseptual Matematis Siswa pada Materi Kubus di Kelas IX SMPS BUMI Khatulistiwa.UNTAN, diakses 23 Mei 2017

Lestari, K.E & Yudhanegara M.R. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT Refika Aditama

Munaka, Fitrianty. 2009. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Kontekstual Melalui Cooperative Learning di Kelas VIII SMP Negeri 2 Pedamaran Oki. Jurnal Pendidikan Mtematika. (Online), 3 (1) diakses 12 Mei 2017

Rahma, Umria. 2015. Profil Pemahaman Relasional Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. STKIP PGRI Sidoarjo, (Online), 3 (2) diakses 12 Mei 2017

Ruseffendi. 2006. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika. Bandung: Tarsito

Sefalianti, Berta. 2015. Penerapan Pendekatan Inkuiri Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Disposisi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan dan   Keguruan, (Online), 1 (2) diakses 23 Mei 2017

 


PUBLISHED

2018-08-16

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 09 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI