Kata kunci: Implementasi Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik, Kemampuan Penalaran Matematis.
Pembelajaran yang mampu membutuhkan penalaran tinggi adalah matematika. Karena matematika adalah pembelajaran yang bersifat deduktif yang berisi tentang konsep, angka dan simbol yang berfungsi untuk mengembangkan kemampuan berhitung, mengukur dan mengembangkan rumus. Menurut Gardner, (dalam Lestari, 2015:82) bahwa penalaran matematis adalah kemampuan menganalisis, menggeneralisasi, mensintesis/ mengintegrasikan, memberikan alasan yang tepat dan menyelesaikan masalah tidak rutin. Ada banyak cara untuk mengembangkan kemampuan penalaran matematis siswa antar lain untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa dengan pembelajaran menggunakan implementasi pendekatan Pendidikan matematika realistik. Didalam pembelajaran realistik dimulai dengan yang riil atau nyata, sehingga siswa dapat terlibat dalam proses pembelajaran secara bermakna (Hadi, 2017: 37) dalam konsep pembelajaran nyata yaitu dengan fokus pada pendidikan matematika realistik dan menempatkan penekanaan penggunaan suatu situasi yang dibayangkan oleh siswa (Wijaya, 2012: 20).
Penelitian merupakan True Eksperimental Design dengan bentuk desain Posttest Only Control Design. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VII MTsN 3 Kediri. Teknik pengumpulan data yang dipakai meliputi tes dan angket respon siswa. Uji prasyarat instrumen yang digunakan adalah uji validitas, dan reliabilitas. Teknik analisis yang diunakan adalah uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan analisis data akhir dengan menggunakan uji t dua sampel independen.
Berdasarkan hasil uji hipotesis kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen menggunakan uji t dengan bantuan software SPSS for Windows Version 21.0, menunjukkan bahwa uji hipotesis perbedaan dua rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen dan kontrol menunjukkan bahwa nilai p-value 0,000 dimana < 0.05, maka H0 ditolak. Sehingga kesimpulannya adalah terdapat pengaruh implementasi pendekatan pendidikan matematika realistik terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Sedangkan respon siswa terhadap pembelajaran dengan pendekatan pendidikan matematika realistik berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa siswa memiliki respon baik terhadap pembelajaran dengan pendekatan pendidikan matematika realistik.
Arikunto, Suharsimi. 2016. Dasar-Dasar
Evaluasi Pendidikan. Jakarta :
Bumi Aksara.
Hadi, Sutarto. 2017. Pendidikan
Matematika Realistik. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Lestari, Eka. 2015. Penelitian Pendidikan
Matematika. Jakarta : Refika
Aditama.
Sumartini, T. S. 2015. Peningkatan
Kemampuan Penalaran Matematis
Melalui Pembelajaran Bebasis
Masalah. Jurnal Pendidikan
Matematika Vol. 5, No. 1. (Online)
http://ojs.umsida.ac.id/index. php/pedagogia/article/view/249 diakses tanggal 4 Februari 2018.
Tatag Y.E Siswono. 2001. PMRI:Implementasi Pendekatan dalam Pembelajaran Matematika. Makalah dalam Seminar Nasional di UNESA 24 Februari 2001.(Online) http://caripdf.com/download/index.php?name=matematika%20realistik&file=tatagyes.file.wordpress.com/2009/11/paper01_rme2, diakses tanggal 29 Maret 2018
Wijaya, Ariyadi. 2012. Pendidikan
Matematika Realistik.Yogyakarta :
Graha Ilmu.