MENINGKATKAN KETRAMPILAN HIGHER ORDER THINKING SKILL\'S (HOTS) SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) DALAM MATERI PERBANDINGAN TRIGONOMETRI PADA SEGITIGA SIKU-SIKU


Author (Penulis)

MUHAMMAD HABIBI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.05.0012

Abstract

ABSTRAK

 

                Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya Higher Order Thinking Skill’s (HOTS) siswa yang disebabkan oleh pembelajaran yang masih bersifat konvensional dan sebagian besar siswa belum terbiasa menyelesaikan soal – soal yang menuntut penggunaan Higher Order Thinking Skill’s (HOTS).

            Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pelaksanaan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) pada materi perbandingan trigonometri pada segitiga siku – siku dalam upaya meningkatkan High Order of Thinking Skill (HOTS) siswa  SMK PGRI 2 Kediri (2) Mengetahui ada tidaknya peningkatan High Order of Thinking Skill (HOTS) siswa SMK PGRI 2 Kediri pada materi perbandingan trigonometri pada segitiga siku – siku setelah  menggunakan model pembelajaran PBL.

            Penelitian dilakukan di SMK PGRI 2 Kediri tahun ajaran 2018/2019. Menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian kelas X Multimedia 1. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dilanjutkan uji paired sample t-test menggunakan bantuan SPSS Versi 23 for Windows.

            Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Berdasarkan analisis deskriptif diketahui bahwa persentase observasi aktivitas guru selama 3 pertemuan yaitu 73,3%, 80% dan 86,6% maka  diperoleh rata – rata persentase aspek yang dilakukan oleh guru yaitu 79,9% dengan kategori baik dan mengalami peningkatan pada tiap pertemuannya. Dan hasil observasi aktivitas siswa selama 3 pertemuan yaitu 75%, 80% dan 75% maka diperoleh rata – rata aspek yang dilakukan siswa yaitu 76,6% dengan kategori baik (2) Berdasarkan hasil analisis uji paired sample t-test menggunakan bantuan SPSS Versi 23 for Windows dan uji hipotesis yang menunjukkan bahwa 12sig2-tailed < α = 0,05 yaitu 0,000 < α = 0,05, maka Ha diterima dan H0, artinya Ada peningkatan High Order of Thinking Skill (HOTS) siswa SMK PGRI 2 Kediri dalam materi perbandingan trigonometri pada segitiga siku – siku setelah menggunakan model pembelajaran PBL. Dan dari statistik, rata – rata HOTS siswa setelah penerapan pembelajaran berbasis masalah (PBL) juga mengalami peningkatan pada tes awal dan tes akhir yaitu 43,05 menjadi 46, 05.

            Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan beberapa hal yaitu: (1) Bagi siswa, hendaknya ikut berperan aktif dalam mengembangkan HOTS ketika kegiatan pembelajaran di dalam kelas.(2) Bagi guru, peran guru sebagai motivator dan fasilitator lebih ditingkatkan agara siswa ikut aktif dalam pembelajaran matematika dikelas. (3) Bagi peneliti lain,agar peneliti atau calon peneliti dapat meneruskan atau mengembangkan penelitian ini untuk variabel-variabel lain yang sejenis.

 

KATA KUNCI : Higher Order Thinking Skill’s (HOTS), Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL)


Keyword

HOTS, PBL

Reference

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives, Abridged Edition. White Plains, NY: Longman.

 

Bakri, H. (2009). Peningkatan Minat Belajar Praktek Menggulung Trafo melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) pada Siswa SMK Negeri 3 Makassar. Jurnal Medtek, 1(1), 6–7.

Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar, IX(1), 37–50.

 

Jailani, J., & Retnawati, H. (2017). Keefektifan Pemanfaatan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan HOTS dan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 23(2), 111–123.

 

Jayanti, R. D., Romlah, R., & Saregar, A. (2016). Efektivitas Pembelajaran Fisika Model Problem Based Learning (PBL) melalui Metode POE terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik. In Seminar Nasional Pendidikan (208–214).

 

Kawuwung, F. R. (2017). Pengaruh Pembelajaran Numbered Heads Together terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Biologi Peserta Didik SMA Negeri 1 Wori di Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1).

 

Resnick, L. B. (1992). Education and Learning to Think, Washington, DC: National Academy.

 

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan:(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Alfabeta.

 

Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1–10.

 

Susanto, E., & Retnawati, H. (2016). Perangkat Pembelajaran Matematika Bercirikan PBL untuk Mengembangkan HOTS Siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 189.

 

Suwarsi, Mukti, Z., & Prabowo, A. (2018). Meningkatkan Keterampilan HOTS Siswa melalui Permainan Kartu Soal dalam Pembelajaran PBL. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 248–255.

 

Wardhani, & Rumiati. (2011). Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika Smp: Belajar dari PISA dan TIMSS.

 


PUBLISHED

2019-07-30

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 05 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade