Peningkatan Hasil Belajar Siswa SMP Melalui Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) dan Mind Mapping


Author (Penulis)

TRIA APRILIA RATNA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.05.0007

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatar belakangi dari pengalaman dan hasil pengamatan peneliti, bahwa matematika adalah pelajaran yang dianggap sulit oleh sebagian besar siswa karena sistem pembelajaran yang diterapkan disekolah terbilang monoton, sehingga siswa cenderung pasif, kurang kreatif dan inovatif dalam proses pembelajaran disekolah. Pembelajaran  yang membosankan secara tidak langsung akan berpengaruh pada hasil belajar siswa bahkan akan berpengaruh pada minat belajar siswa ke jenjang berikutnya.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) dan Mind Mapping (2) Mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar siswa SMP melalui pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) dan Mind Mapping.

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen, subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII – I SMP Negeri 1 Grogol Kediri. Data penelitian diambil melalui observasi aktivitas guru, observasi aktivitas siswa, tes awal dan tes akhir. Analisis data menggunakan bantuan SPSS versi 21 for windows.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas guru pada pertemuan 1 dan 2 telah mencapai kategori baik, aktivitas siswa pada pertemuan 1 dan 2 juga mencapai kategori baik (2) Rata – rata nilai tes awal dan tes akhir sebesar 46,313. Berdasarkan perhitungan paired sample t – test dengan taraf signifikansi 5%, diperoleh 12×sig (2 – tailed) < 5% yaitu 0,000 < 0,05. Sehingga H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa melalui pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) dan Mind Mapping.

Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan beberapa hal yaitu: (1) Bagi guru, hendaknya mencoba menggunakan model –model pembelajaran yang bervariasi dan bahan perbandingan dengan model pembelajaran yang biasa digunakan oleh guru sehingga diharapkan siswa berperan aktif dalam pembelajaran. (2) Bagi siswa, Mind Mapping bukan hanya untuk materi aritmetika sosial saja, Mind Mapping dapat digunakan untuk materi – materi selanjutnya supaya dapat meningkatkan hasil belajarnya. (3) Bagi peneliti lain, hendaknya dapat digunakan sebagai acuan dalam penelitian selanjutnya serta memberikan kontribusi dalam upaya peningkatan mutu dan kualitas pendidikan.

 

Kata kunci : Model Student Facilitator and Explaining (SFAE), Mind Mapping, hasil belajar.


Keyword

a

Reference

Darwis, Afifah dkk. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII MTSN Pasir Lawas. Jurnal pendidikan volume 1 nomor 1.

Faelasofi, Rahma. 2016. Penerapan Metode Mind Mapping Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal pendidikan volume 2 nomor 2.

Fauzi, Dian Rizki dkk. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran SFAE Bermediakan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa. Jurnal pendidikan volume 6 nomor 3

Nurlatifah. 2018. Perbandingan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining Dengan Metode Mind Mapping dan Tanpa Metode Mind Mapping Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas Ix Mts Al-Istiqamah Banjarmasin Tahun Pelajaran 2017/2018

Rahmawati, Annisa dkk. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining dan Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMK Farmasi Mutiara Husada Serang Baru.

Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/Mts). 2016. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Yusdian, Fonny. 2017. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining (Sfae) Dengan Metode Mind Mapping Pada Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP Negeri 18 Makassar. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Universitas Negeri Makassar.

 


PUBLISHED

2018-08-14

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 09 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI