Efektivitas Pembelajaran Learning Cycle Pada Materi Statistik Siswa SMP Kelas VII


Author (Penulis)

NURUL RIZKIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.05.0006

Abstract

Proses pembelajaran siswa cenderung kurang aktif sehingga siswa sulit untuk memahami materi pembelajaran dengan baik dan mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal-soal. Kurangnya motivasi siswa terhadap pembelajaran konvensional yang sering diterapkan dalam pembelajaran juga menyebabkan siswa kurang memahami materi dengan baik. Disamping itu kurang atau tidak sempurnanya kegiatan guru dalam proses belajar mengajar mengakibatkan tidak optimalnya hasil yang dicapai. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Learning Cycle pada materi Statistik siswa SMP kelas VII. Untuk mengetahui efektivitas pembelajaran tersebut dilakukan observasi aktivitas siswa dan guru, memberikan angket kepada siswa, dan melakukan test untuk materi Statistik khususnya Penyajian Data.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan teknik penelitian desktiptif dan desain penelitian Pra-Eksperimen dengan Studi Kasus Bentuk Tunggal (One-Shot Case Study). Penelitian ini dilaksanakan selama empat kali pertemuan dengan mengunakan instrumen RPP, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru, lembar angket respon siswa, dan tes hasil belajar siswa.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pembelajaran Learning Cycle efektif digunakan pada materi Statistik siswa SMP Kelas VII. Hal tersebut dilihat dari hasil analisis persentase rata-rata lembar observasi aktivitas siswa sebesar 81.37 % dengan kriteria baik, lembar observasi aktivitas guru sebesar 82.57 % dengan kriteria baik, lembar angket respon siswa sebesar 82.57 % dengan kriteria sangat baik dan hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran Learning Cycle tuntas yaitu lebih dari atau sama dengan 75. Berdasarkan simpulan tersebut, hendaknya guru menggunakan model pembelajaran Learning Cycle pada materi yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hasri siswa agar dapat meningkatkan pemahaman siswa serta keaktifan siswa dalam pembelajaran.


Keyword

a

Reference

Ahmad, Shufiana. 2015. Efektivitas Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbantuan Alat Peraga Pada Materi Segitiga Kelas VII Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. E L T, 3 (1): 63 – 74 

Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Fadirubun, Yana Andriani. 2013. Keefektifan Pembelajaran Learning Cycle 5e Berbasis Inkuiri Pada Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Pada Materi Segi Empat. Skripsi. Tidak dipublikasikan. Semarang: UNNES

In’am, Akhsanul. 2009. Efektivitas Pembelajaran Aljabar dengan Pendekatan Metakognisi. Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Aljabar, Pengajaran, dan Terapannya, Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, Yogyakarta, 31 Januari

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2016. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Winarno, Muhammad dkk. 2015. Efektivitas Model Pembelajaran Learning Cycle Berbantuan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Pada Pokok Bahasan Logika Matematika Terhadap Hasil Belajar Kelas X SMA Negeri 1 Terisi – Indramayu. EduMa, 4 (2) : 75 – 87 

Purwanto, M. Ngalim. 2010. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya


PUBLISHED

2018-08-17

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 10 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI