Pemahaman konsep siswa kelas VII SMPN 2 papar pada materi perbandingan melalui model pembelajaran learning cycle ditinjau dari gaya belajar


Author (Penulis)

CHOIRUN NISA'
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.05.0003

Abstract

Abstrak

Latar belakang dari penelitian ini adalah hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran matematika disekolah masih didominasi pada penggunaan model pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa menjadi monoto, pasif, dan membosankan. Hal tersebut dapat dilihat dari pemahaman konsep siswa yang rendah pada akhirnya hasil belajar siswa pun menjadi rendah. Selain model pembelajaran gaya belajar yang dimiliki siswa juga bisa mempengaruhi pemahaman konsep. Sehingga tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Bagaimana pemahaman konsep siswa kelas VII SMP pada materi perbandingan  melalui model pembelajaran Learning Cycle yang memiliki gaya belajar visual? (2) ) Bagaimana pemahaman konsep siswa kelas VII SMP pada materi perbandingan  melalui model pembelajaran Learning Cycle yang memiliki gaya belajar auditorial? (2) ) Bagaimana pemahaman konsep siswa kelas VII SMP pada materi perbandingan melalui model pembelajaran Learning Cycle yang memiliki gaya belajar kinestetik? (4) Apakah ada perbedaan pemahaman konsep siswa kelas VII SMP pada materi perbandingan yang melalui model pembelajaran Learning Cycle yang memiliki gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Papar Kabupaten Kediri, dengan populasi seluruh siswa kelas VII, dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-A yang berjumlah 32 siswa. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji One way annova. Sehingga dari analisis data diperoleh bahwa (1) Pemahaman konsep siswa kelas VII SMP pada materi perbandingan melalui model pembelajaran Learning Cycle yang memiliki gaya belajar visual dengan rata-rata 59,63 masuk kategori cukup baik. (2) Pemahaman konsep siswa kelas VII SMP pada materi perbandingan melalui model pembelajaran Learning Cycle yang memiliki gaya belajar auditorial dengan rata-rata 59,90 masuk kategori cukup baik. (3) Pemahaman konsep siswa kelas VII SMP pada materi perbandingan melalui model pembelajaran Learning Cycle yang memiliki gaya belajar kinestetik dengan rata-rata 58,7 masuk kategori cukup baik. (4) Ada perbedaan pemahaman konsep siswa Kelas VII SMP melalui model pembelajaran Learning Cycle yang memiliki gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik.

 

Kata kunci:, Pemahaman Konsep, Learning Cycle, Gaya belajar.


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S. 2012. Dasar – dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Cahyaning Tyas Putri, Utami. 2016. Hasil Belajar Dengan Model Learning Cycle 5E Berbantuan Media Komik Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Naskah Publikasi Ilmiah. Universitas Muhamadiyah Surakarta.

De Porter, Bobby dkk. 2013. Quantum Learning. Bandung: Kaifa.

Fajaroh, F. dan I. W. Dasna. 2008. Model-Model Pembelajaran Inovatif: Pembelajaran dengan Model Siklus Belajar (Learning Cycle). UM PRESS. Malang.

Lynna, Adhe Prisma Suhartha. 2013 . Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Pada materi Kubus dan Balok. Surabaya: FMIPA Universitas Negeri Surabaya.

Hibert, J. & Carpenter P.T. (1992) Learning Teaching with Understanding. Dalam D. A. Grouws (Ed) Handbook of Reseach on Mathematics Teaching ang Learning. (h. 65-100). New York : Macmillan Publishing Company.

Ruseffendi, E. T. (2000). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung : Tarsito.


PUBLISHED

2018-08-14

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 09 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI