MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS (TWO STAY TWO STRAY) PADA SISWA KELAS VII SMPN 2 PAPAR


Author (Penulis)

SYAFA'ATUL LAILA MAGHFURIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.05.0002

Abstract

Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis yang tidak lepas dari proses pembelajaran matematika. Hasil penelitian lapangan tentang metode pembelajaran yang digunakan dalam mengajar umumnya menggunakan metode konvensional. Proses pembelajaran menggunakan merode ceramah membuat anak kurang mengembangkan kemampuan berpikir, pembelajaran hanya diarahkan untuk menghafal informasi. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas siswa dan guru dalam pembelajaran kooperatif tipe TSTS, dan mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII-B SMPN 2 Papar melalui pembelajaran kooperatif tipe TSTS. Selanjutnya untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis setelah diberikan pembelajaran kooperatif tipe TSTS pada siswa kelas VII-B SMPN 2 Papar. Hasil penelitian setelah diberikan model pembelajran kooperatif tipe pada siswa kelas VII-B SMPN 2 Papar menunjukkan bahwa aktivitas siswa dan aktivitas guru berdasarkan data observasi dalam kategori baik. Untuk kemampuan pemecahan masalah matematis melalui pembelajaran kooperatif tipe TSTS dalam kategori baik. Ada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis setelah diberikan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS .


Keyword

a

Reference

Akma, Nor Laili. 2017. Implementasi Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII UPTD SMPN 2 PRAMBON Pada Pokok Bahasan Aljabar. Skripsi. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri

Anam, Aditya Faridil & Haryudo, Subuh Isnur. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik Kelas X TPTU SMK Negeri 3 Buduran Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Volume 05 Nomor 01 Tahun 2016. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Depdiknas, ”Permendiknas No. 22 Tahun 2006", http://matematikalujeng.blogspot.co.id, diakses pada tanggal 17 Mei 2017

Majid, Abdul. 2013. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembaharuan Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Perdana Group

Suherman, Erman dkk. 2001.  Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI

Tim Dosen Fakultas Tarbiyah UIN Maulana Malik Ibrahim. 2010. Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). Malang: UIN Malang Press


PUBLISHED

2018-08-14

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 09 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI