Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis yang tidak lepas dari proses pembelajaran matematika. Hasil penelitian lapangan tentang metode pembelajaran yang digunakan dalam mengajar umumnya menggunakan metode konvensional. Proses pembelajaran menggunakan merode ceramah membuat anak kurang mengembangkan kemampuan berpikir, pembelajaran hanya diarahkan untuk menghafal informasi. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas siswa dan guru dalam pembelajaran kooperatif tipe TSTS, dan mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII-B SMPN 2 Papar melalui pembelajaran kooperatif tipe TSTS. Selanjutnya untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis setelah diberikan pembelajaran kooperatif tipe TSTS pada siswa kelas VII-B SMPN 2 Papar. Hasil penelitian setelah diberikan model pembelajran kooperatif tipe pada siswa kelas VII-B SMPN 2 Papar menunjukkan bahwa aktivitas siswa dan aktivitas guru berdasarkan data observasi dalam kategori baik. Untuk kemampuan pemecahan masalah matematis melalui pembelajaran kooperatif tipe TSTS dalam kategori baik. Ada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis setelah diberikan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS .
Akma, Nor Laili. 2017. Implementasi Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII UPTD SMPN 2 PRAMBON Pada Pokok Bahasan Aljabar. Skripsi. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri
Anam, Aditya Faridil & Haryudo, Subuh Isnur. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik Kelas X TPTU SMK Negeri 3 Buduran Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Volume 05 Nomor 01 Tahun 2016. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Depdiknas, ”Permendiknas No. 22 Tahun 2006", http://matematikalujeng.blogspot.co.id, diakses pada tanggal 17 Mei 2017
Majid, Abdul. 2013. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM
Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembaharuan Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Perdana Group
Suherman, Erman dkk. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI
Tim Dosen Fakultas Tarbiyah UIN Maulana Malik Ibrahim. 2010. Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). Malang: UIN Malang Press