ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi masalah:(1) Model pembelajaran yang diterapkan oleh pendidik dalam menyampaikan materi belum maksimal meningkatkan kemampuan dan pengetahuan siswa; (2) guru mata pelajaran masih menerapkan model pembelajaran konvensional; (3) guru belom menerapkan model pembelajaran yang variatif; (4) eventivitas pembelajaran yang masih rencah; (5) siswa kurang berpartisipasi aktif dalam pembelajaran; (6) prestasi belajar siswa kurang atau dibawah KKM. Dan berdasarkan masalah tersebut masalah yang akan diteliti dapat dirumuskan sebagai berikut: “Apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa?”.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelas VII SMP Islam Terpadu Bina Insani Kediri, berjumlah 22 siswa. penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RPP, Lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru dan hasil tes belajar siswa.
Rumusan masalah penelitian tindakan kelas ini yaitu “Apakah penerapan metode pembelajaran PBL efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa?”, diperoleh data awal berupa nilai PTS tengah semester 1 dan pree test sebelum dilakukannya tindakan kelas menunjukkan hasil 64% siswa dan 73% siswa mendapatkan nilai dibawah KKM. Setelah dilakukan tindakan pada siklus 1 dan dilakukan evaluasi dan perbaikan pada siklus 2 dan 3 menunjukkan adanya peningkatan yang cukup signifikan pada capaian prestasi siswa.
Berdasarkan hasil penelitian diatas, peneliti memberikan rekomendasi kepada guru pengampu mata pelajaran IPS untuk menerapkan metode pembelajaran PBL dalam proses pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
KATA KUNCI : Efektivitas, model pembelajaran PBL, prestasi belajar.
Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.
Budimansyah, Dasim. 2003. Model Pembelajaran Ekonomi. Bandung: Genesindo.
Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas
Dwi Susanti. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI IPS 1 SMA Batik 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Surakarta: Universitas ebelas Maret. (Online) tersedia di: https://media.neliti.com/media/publications/13604-ID-penerapan-model-pembelajaran-problem-based-learning-untuk-meningkatkan-hasil-bel.pdf, diunduh 10 Oktober 2018
Hanafiah, dan Cucu Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.
Imanuael Hitipepeuw. 2009. Belajar Pembelajaran. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Ismail. 2008. Strategi Pembelajaran Berbasis PAIKEM. Semarang: Rasail Media Group
Jakni. 2017. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Bandung: Alphabeta.
Putong, Iskandar. 2002. Pengantar Ekonomi Mikro dan Makro. Edisi kedua. Jakarta: Ghalia Indonesia
Rusman. 2010. Model Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua). Jakarta: Raja Grafind Persada.
Rusman. 2013. Model Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers
Sabri, Alisuf. 2007. Psikologi Pendidikan, Jakarta: CV. Pedoman Ilmu Jaya.
Sadirman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Samuelson,A, dkk. 2003 Ilmu Makro Ekonomi. Jakarta: PT Media Edukasi.
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi tandar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Slameto. 2003. Belajar dan Foktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sumaatmadja, N., dkk. 2002. Konsep Dasar IPS. Jakarta: Universitas Terbuka.
Surakhmad, Winarno. 2003. Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung: Tarsito.
Suryabrata, Sumadi. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Syaiful Sagala. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alphabeta
Syaiful Sagala. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alphabeta
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana.
Wahab Abdul, Solichin. 2005. Analisis Kebijakan dari Formulasi ke Implementasi Kebijaksanaan Negara.. Jakarta: Bumi Aksara.
Warsono dan Hariyanto. 2012. Pembelajaran Aktif Teori dan Asesment. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Zubaidi. 2011. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Pusat Bahasa. 2008. KBBI Daring Kamus Besar Bahas Indonesia. Jakarta: Pisat Bahasa Depdiknas RI, http://pusat bahasadiknas.go.id. Diunduh tanggal 20 November 2018.