ANALISIS PENILAIAN PERSEDIAAN DENGAN METODE FIFO, LIFO DAN AVERAGE UNTUK MENENTUKAN TINGKAT LABA PADA CV. TRIO MOTOR


Author (Penulis)

IRWAN ANDRIANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.04.0120

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penentuan metode penilaian persdiaan yang paling tepat, karena berpengaruh terhadap nilai persediaan dan biaya barang yang akan dijual dan berdampak pada harga pokok penjualan dan laba.Untuk menilai persediaan, terdapat beberapa macam metode penilaian persediaan yang sering digunakan oleh perusahaan, yaitu: Metode FIFO (First-In First-Out), Metode LIFO (Last-In first-Out),Metode Harga Pokok Rata-Rata (Average Cost).

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode yang tepat untuk mencapai laba yang optimal pada CV. Trio Motor. Sedangkan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Metode Penilaian Persediaan yang tepat untuk mencapai laba optimal pada CV. Trio Motor?

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode penelitian expost facto yaitu penelitian data yang dikumpulkan setelah terjadi peristiwa. Penelitian dilakukan dengan meneliti kartu persediaan pada bulan Januari – Maret 2018.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah dalam periode tiga bulan rata-rata laba yang dihasilkan dengan menggunakan metode FIFO adalah Rp.405.100, sedangakan metode LIFO menghasilkan laba Rp.398.300 kebalikan dari metode FIFO yaitu menghasilkan harga pokok penjualan yang tinggi sehingga laba yang dihasilkan rendah. Dan untuk metode rata-rata laba yang dihasilkan adalah Rp.402.600. Metode FIFO dan LIFO tersebut kurang efektif jika harga perolehan barang yang terus berubah-ubah,dan untuk penggunaan metode Average akan dapat menghasilkan laba yang tinggi, hal ini merupakan dampak dari trend rata-rata dalam menetukan harga pokok penjualan dan persediaan akhir dan mengurangi pengaruh perubahan harga yang terlalu tinggi atau rendah dengan tujuan biaya di masa depan akan lebih stabil.

Berdasarkan simpulan hasil penelitian adalah menggunakan metode Average, ketika harga perolehan meningkat penggunaan metode Average akan dapat menghasilkan laba yang tinggi, hal ini merupakan dampak dari trend rata-rata dalam menetukan harga pokok penjualan dan persediaan akhir dan mengurangi pengaruh perubahan harga yang terlalu tinggi atau rendah sehingga biaya selanjtunya akan lebih stabil.

.

Kata Kunci: Persediaan, FIFO, LIFO, Average.


Keyword

PERSEDIAAN, FIFO, LIFO, AVERAGE, TINGKAT LABA

Reference

Arikunto, S. 2006. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.

Arikunto, S. 2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: BumiAksara.

Ikatan Akuntansi Indonesia. 2015. Exposure Draft Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan No.15 (revisi 2015)- persediaan. Jakarta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung:     Alfabeta.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung:     Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung:     Alfabeta.

Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.

 


PUBLISHED

2019-02-10

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade