ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis : (1) Pengaruh minat terhadap hasil belajar. (2) Pengaruh disiplin terhadap hasil belajar. (3) Pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar. (4) Pengaruh minat, disiplin, dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah responden 37 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi (R2), dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa : terdapat pengaruh signifikan antara minat terhadap hasil belajar. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t sebesar 0,006 < 0,05 bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Terdapat pengaruh signifikan antara disiplin terhadap hasil belajar. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t sebesar 0,000 < 0,05 bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Terdapat pengaruh signifikan antara lingkungan belajar terhadap hasil belajar. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t sebesar 0,036 < 0,05 bahwa H0 ditolak dan Ha diterima Terdapat pengaruh signifikan antara minat, disiplin, dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji f sebesar 0,000 < 0,05 bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Penelitian ini memberikan rekomendasi agar pihak sekolah memperhatikan minat, disiplin, dan lingkungan belajar siswa agar mendapatkan nilai hasil belajar yang diinginkan. Peningkatannya dapat berupa memberikan tambahan bimbingan untuk siswa agar lebih baik hasil belajarnya. Memperketat peraturan sekolah dan memberikan fasilitas belajar yang baik guna menunjang hasil belajar siswa.
KATA KUNCI : Hasil Belajar, Minat, Disiplin, dan Lingkungan Belajar.
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Anwar, Sanusi. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat
Moenir, A.S. 2010. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara.
Rita Mariyana, dkk. 2010. Pengelolaan Lingkungan Belajar. Jakarta:Kencana.
Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta: Bandung
Suharsimi, Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan praktik. Jakarta : Rineka Cipta.