Analisis Prosedur Akuntansi Penerimaan Kas dari Penjualan Tunai untuk Menilai Pengendalian Intern pada UD. Wates Fram


Author (Penulis)

MOHAMAD EFFENDI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.04.0110

Abstract

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatar belakangi dengan ditemukan adanya bagian akuntansi dan keuangan merangkap dua jabatan sekaligus yaitu bagian kas. Dengan adanya perangkapan jabatan tersebut mengakibatkan kurangnya kelengkapan informasi dalam perusahaan dan terjadinya pemangkasan prosedur dalam penjualan tunai, sehingga perlu penataan kembali dalam sistem prosedurnya.

            Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur yang diterapkan oleh UD. Wates Farm dan mengetahui sistem pengendalian intern pada UD. Wates Farm.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subyek penelitian adalah UD. Wates Farm dan obyek penelitian adalah prosedur akuntansi penjualan tunai. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif.

            Hasil penelitian menyimpulkan yaitu fungsi yang terkait dalam prosedur akuntansi penjualan tunai pada UD. Wates Farm adalah fungsi penjualan, fungsi akuntansi dan keuangan, fungsi gudang dan fungsi pengiriman. Dokumen yang digunakan adalah faktur penjualan tunai. Catatan yang digunakan adalah jurnal penerimaan kas dan kartu gudang. Jaringan prosedur yang membentuk sistem meliputi prosedur order penjualan, prosedur pengiriman dan prosedur pencatatan penerimaan kas. Unsur pengendalian pada UD. Wates Farm cukup baik, sudah ada pemisahan tugas yang memadai antar fungsi. Akan tetapi masih terdapat kekurangan yaitu masih adanya perangkapan fungsi, yang mana belum ada bagian kas yang dapat membantu kelancaran operasional perusahaan yang menyangkut penjualan tunai.

            Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, disarankan kepada UD. Wates Farm agar prosedur akuntansi penjualan tunai menambah bagian kas. Bagian kas berfungsi menerima uang dari pembeli dan mencap lunas.

 

 

Kata Kunci: Prosedur akuntansi penerimaan kas, penjualan tunai, pengendalian intern.


Keyword

prosedur penerimaan kas penjualan tunai pengendalian intern

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Mulyadi, 2016. Sistem Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Narimawati, Umi. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Teori dan Aplikasi. Bandung: Agung Media.

Nazir, Moh. 2005. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


PUBLISHED

2019-02-08

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade