Analisis Keuntungan Petani Cengkeh dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat di Dusun Gabahan Desa Tawing Kecamatan Munjungan-Trenggalek


Author (Penulis)

HUDAN ANGGI KUSWONDO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.04.0109

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keuntungan petani cengkeh dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Karena keuntungan adalah salah satu faktor yang menentukan tingkat kesejahteraan para petani, sehingga besarnya keuntungan petani sangat menentukan tingginya kesejahteraan para petani khususnya petani cengkeh. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui keuntungan petani cengkeh dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat di Dusun Gabahan Desa Tawing Kec. Munjungan – Trenggalek selama tahun 2017-2018.

Dalam penelitian ini populasi yang digunakan adalah petani cengkeh yang ada di Dusun Gabahan Desa Tawing Kecamatan Munjungan dengan jumlah sampel 30 orang. Sebelum mengolah data peneliti juga melakukan uji validitas dan uji reabilitas. Dalam penelitian ini juga melakukan uji normalitas, grafik, statistik, autokorelasi, heteroskedastisitas. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana, pengujian hipoteesis, dan koefisien determinnasi.

Hasil penelitian ini adalah berdasarkan hasil uji F didapatkan nilai F hitung 6,352 > F tabel 3,320. Sehingga dapat dikatakan bahwa variabel keuntungan petani cengkeh dapat menigkatkan variabel kesejahteraan ekonomi masyarakat. Dan di perkuat dengan koefisien determinasi yang menunjukkan (R2) sebesar 0.185 yang dapat diartikan pengaruh variabel keuntungan petani cengkeh terhadap variabel kesejahteraan sebesar 18.5%.

Kesimpulan dari penelitian ini yaitu “keuntungan petani cengkeh dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat di Dusun Gabahan Desa Tawing Kecamatan Munjungan-Trenggalek.

 

KATA KUNCI  : keuntungan , kesejahteraan ekonomi

 


Keyword

keuntungan petani cengkeh, kesejahteraan ekonomi masyarakat

Reference

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Jakarta, Rineka Cipta.

Badan Pusat Statistik (BPS).2018.Analisis Komoditi Ekspor 2011-2017 Sektor Pertanian, Industry Dan Pertambangan. BPS RI.CV. Perdana Putra.Jakarta.(online).

Ghozali, Imam, 2012.Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS, Yogyakarta,Universitas Diponegoro.

Hanafi, Mahduh Mahmud, 2010. Manajemen Keuangan. Edisi Pertama. Yogyakarta. BPFE.

Prasetyo, Bambang, Lina Miftahul Jannah. 2015. Teori dan Aplikasi. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono.        2016.   Metode Penelitian       Manajemen: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,   Kombinasi (Mixed Methods), Penelitian Tindak( Action Research), Penelitian Evaluasi. Bandung: Alfabeta.

Undang-undang No 11 Tahun 2009, Tentang Kesejahteraan Masyarakat. (Online).


PUBLISHED

2019-02-08

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade