Analisis Pengakuan Pendapatan Jasa Konstruksi pada PT. Kediri Putra berdasarkan PSAK No. 34


Author (Penulis)

FEBRITINA DWI CAHYANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.04.0108

Abstract

ABSTRAK

Permasalahan utama pendapatan secara umum adalah tentang pengakuan pendapatan. Masalah waktu yang tepat mengakui pendapatan telah mendapat perhatian besar selama beberapa tahun terakhir. Dalam hal pengakuan pendapatan proses pengakuan pendapatan tersebut harus akurat dan jangan sampai ada transaksi yang seharusnya diakui sebagai pendapatan dalam periode berjalan, namun diakui untuk periode yang akan datang.

            Penelitian ilmiah harus selalu menggunakan pendekatan penelitian yang tepat agar mendapatkan hasil yang andal. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai pengamat dan pengumpulan data yang kemudian data tersebut dianalisis. Adapun tahapan-tahapan yang dilakukan oleh peneliti adalah (1) Persiapan (2) Lapangan (3) Pengolahan data. Dalam penelitian ini penulis menggunakan dua sumber yang pertama sumber data primer merupakan data yang langsung dikumpulkan oleh peneliti kemudian yang kedua sumber data sekunder merupakan datang yang langsung dikumpulkan oleh peneliti sebagai penunjang dari sumber pertama. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi.

            Hasil penelitian yang dilakukan penulis pada PT. Kediri Putra adalah bahwa perusahaan mengakui pendapatannya menggunakan metode presentase penyelesaian didasarkan pada masukan yang tertera pada jadwal pelaksanaan proyek yang sebelumnya telah dibuat oleh perusahaan. Pendekatan tersebut dirasa kurang tepat karena metode presentase penyelesain tidak sesuai dengan yang ada dilapangan.

            Kesimpulan dari pembahasan yang telah diuraikan mengenai penerapan metode pengakuan pendapatan yang digunakan oleh PT. Kediri Putra bahwa penerapan metode pengakuan pendapatannya belum sesuai dengan PSAK No. 34. Terdapat perbedaan penerapan metode presentase penyelesaian dalam pengakuan pendapatan jasa konstruksi antara perusahaan dengan PSAK No.34 bahwa pada saat menerapkan metode presentase penyelesaian perusahaan didasarkan pada jadwal pelaksanaan pekerjaan yang sebelumnya telah dibuat oleh perusahaan bukan didasarkan pada hasil presentase penyelesaian proyek.

            Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini direkomendasikan bahwa pada saat menerapkan metode presentase penyelesaian sebaiknya perusahaan didasarkan pada hasil presentase penyelesaian proyek bukan didasarkan pada jadwal pelaksanaan pekerjaan yang sebelumnya telah dibuat ileh perusahaan tanpa memperhatikan presentase penyelesaian. Sehingga apabila didasarkan pada hasil presentase penyelesaian jumlah pendapatan yang diterima sesuai dengan porsinnya.

 

 

KATA KUNCI  :

Pengakuan Pendapatan, PSAK No. 34.


Keyword

Pengakuan Pendapatan, PSAK No.34

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Cresswell, J.W. 2003. Research Design Qualitative, Quantitative, And , Mixed Methods Approaches Second Edition.. California: SAGE Pubcition International Educaton And Profesional Publisher

Erlinadiansyah, Tri Yuni 2009. Analisis Metode Pengakuan Pendapatan Dengan Pendekatan Persentase Penyelesaian Dalam Rangka Penyajian Laporan Keuangan Pada PT. Pembangunan Perumahan (Persero).Jakarta: Airlangga Library.

Herdiansyah, Haris. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Empat.

Hidayat, Syah. 2010. Pengantar Umum Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Verivikati. Pekanbaru: Suska Pres.

Kieso, Donald E., Jerry J. Weygant, and Terry D. Warfield 2011. Akuntansi Intermediate. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Punaji, Setyosari. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Rahayu. 2013. Analisis Pengakuan Pendapatan Jasa Konstruksi pada CV. Samudera Konstruksi Palembang berdasarkan PSAK NO.34 Universitas Basowa.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryana, Asep. 2007. Tahap-Tahapan Penelitian Kualitatif. Diktat Kuliah Pada Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.


PUBLISHED

2019-02-12

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade